MATERI PENYULUHAN TENTANG SOSIALISASI PROGRAM GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

Azima Dimyati

Abstract


Kesehatan merupakan invertasiuntuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus di pandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Penbangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.        

Target yang akan di capai adalah dengan cara melakukan aktivitas fisik seperti olah raga dan membersihkan rumah, makan sayur dan buah agar tubuh sehat, cek kesehatan secara rutin walaupun dalam keadaan sehat, tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan tempat tinggal, menggunakan jamban. Sedangkan luaran yang di harapkan adalah melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci pakaian, mengepel lantai dan sebagainya merupakan aktivitas fisik. Mulai dengan melakukan altivitas setiap hari. Lebih baik jika ditambah denganoleh raga secara rutin seperti lari atau jalan pagi, memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, mengurangi makanan junk food dan minuman bersoda, berhenti merokok dan berhenti meminum-minuman yang beralkohol, medical Cek up dengan mendatangi rumah sakit, bukan saja pada saat kita sakit melainkan juga pada saat kita sehat,  bersama-sama dengan tetangga dan masyarakt sekitar melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan setempat, menggunakan jamban dengan baik sebagai tempat pembuangan.  

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang bagaimana menjalankan pola hidup sehat di keluarga maupun di lingkungan sekitarnya, penyuluhan-penyuluhan tentang bagaimana keluarga dan masyarakat menjalankan pola hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

 


Keywords


Gerakan Masyarakat dan Hidup Sehat

Full Text:

PDF

References


Bank Data Dinas Kesehatan, Bank Data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.

Buku Panduan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), 2016.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Situs Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.

Pedoman Umum, Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.