MATERI PENYULUHAN TENTANG KEPEMIMPINAN

Agustuti Handayani

Abstract


Peran kepemimpinan memiliki posisi strategis dalam suatu organisasi. Kepemimpinan merupakan kunci dalam manajemen yang memainkan peran yang penting dan strategis dalam kelangsungan suatu usaha.

Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.

Pemimpin yang berhasil hendaknya memiliki beberapa kriteria yang tergantung pada sudut pandang atau pendekatan yang digunakan, apakah itu kepribadiannya, keterampilan, bakat, sifat – sifatnya, atau kewenangannya yang dimiliki

Seorang pemimpin  harus memiliki sifat sifat yang baik yang menjadi tauladan bawahannya di antara   sifat – sifat pemimpin yang baik adalah berinisiatif

harus mempunyai kepribadian mampu berkomunikasi keberhasilan seorang pemimpin tidak ditentukan dengan gaya kepemimpinannya tetapi bagaimana dia melihat situasi dalam menerapkan kepemimpinannya dengan kata lain pemimpin yang baik adalah pemimpin y berintegritas.


Keywords


Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Kartono, Kartini, Kepemimpinan,Apakah Pemimpin , Jakarta: Raja Grafindo Pesada, 1994.

Pudjo, Sumedi, Organisasi dan Kepemimpinan, Jakarta: Uhamka Press, 2010.

Kartono, Kartini. (1998). Pemimpin dan Kepemimpinan : Apakah Pemimpinan Abnormal Itu ? PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suradinata, Ermaya. (1995). Psikologi Kepegawaian dan Peranan Pimpinan Dalam Motivasi Kerja . CV Ramadan, Bandung.

Winardi. (1990). Kepemimpinan Dalam Manajemen. PT. Rineka Cipta, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.