Pelatihan Penerapan Dasar-Dasar Manajemen bagi Juru Tagih Koperasi Simpan Pinjam (KSP)/ Koperasi Simpan Pinjam dengan Prinsip Syariah (KSPPS) se Provinsi Lampung

Defrizal DEFRIZAL

Abstract


Penyediaan Sumber daya manusia koperasi yang kompeten adalah merupakan suatu keharusan. Hal ini akan sangat terkait pada daya saing koperasi itu sendiri sebagai suatu entitas bisnis. Kemajuan koperasi terutama koperasi yang bergerak dalam usaha simpan pinjam salah satunya adalah bagaimana menangani pinjaman anggota itu sendiri. Penangan pinjaman anggota ini salah satu yang akan berperan adalah bagaimana melakukan penagihan kepada anggota koperasi yang meminjam dan bagaimana melakukan pekerjaan secara prinsip dasar manajemen.

Kegiatan ini memberikan pelatihan kepada juru tagih Koperasi simpan Pinjam (KSP)/ Koperasi Simpan Pinjam dengan Prinsip Syariah (KSPPS) bagaimana menerapkan dasar-dasar manajemen dalam menangani tagihan pinjaman.  Sehingga diharapkan tenaga jurutagih pada KSP/ KSPPS memiliki kompetensi untuk menerapkan dasar-dasar manajemen secara baik melalui kegiatan perncanaan, pengorganisasian, implentasi, evalausi dan pengendalian penanganan pinjaman. 


Full Text:

PDF

References


Gibson, James, L. John M. Ivancevich (1997). Organizations, Prilaku, Struktur, Proses. Terjemahan Nunuk Adiarni. Bina Aksara Rupa. Jakarta.

Indriyo (2006). Prinsip Dasar Manajemen. Penerbit BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Kepmen Koperasi dan PKM No. 194/KEP/M/IX/1998 tentang petunjuk pelaksanaan penilaian kesehatan Koperasi Jasa Keuangan

Kepmen Koperasi dan PKM No. 351/KEP/M/XII/1998 tentang petunjuk pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi.

Kepmen Neg Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah No: 96/Kep/M.KUKM/IX/2004 Tentang Pedoman Standar Operasional Manajemen Koperasi Simpan Pinjam Dan Unit Simpan Pinjam Koperasi

Sukanto (2006). Manajemen Koperasi. Penerbit BPFE Yogyakarta. Yogyakarta

Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan (2014). Pengantar Manajemen. Penerbit Kencana. Jakarta.

Undang-undang nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian

Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.