Pelatihan/Penyuluhan Kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Kelurahan Surabaya Kecamatan Kedaton Kotamadya Bandar Lampung

M. Achmad Subing

Abstract


Penyulihan ini bertujuan membangkitkan semangat dan menambah pengetahuan masyatakat dalam berwirausaha dengan membentuk unit-unit usaha Kecil dan Menengah guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat. 

Materi Penyuluhan disampaikan dalam bentuk ceramah, Diskusi dan pelatihan yang meliputi : Pengertian UKM, Kreteria dikatakan UKM, Perlunya UKM, Syarat menjadi Pengusaha UKM, Cara memulai UKM yaitu dengan 1. Membuat tujuan Usaha, mencari ide usaha, menulis ide usaha, mengidentifikasi ide usaha, menyusun rencana kegiatan dan memulai usaha. Selanjutnya Strategi Untuk Mengembangkan Ukm Yang Dijalankan dengan cara: Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Dirinya, Pelaku UKM Harus Mau Belajar Tentang Management, Pelaku UKM Harus Melakukan Marketing dan Branding (LOGO), Pelaku UKM Harus Mampu Beradaptasi, Pelaku UKM Harus Mampu Berinovasi.
Target yang di capai dari hasil penyuluhan ini di harapakan terdapat 50 % dari peserta penyuluhan sebanyak 40 peserta dapat memulai usaha dan mendirikan UKM mandiri sehingga perekonomian keluarga dapat di tingkatkan


Full Text:

PDF

References


Aida Vitalaya Sjafri Hubeis, Prabowo Tjiptopranpto, Wahyudi Ruwiyanto, 1992. Penyuluhan Pembangunan di Indonesia PT Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Amri Jahe 1983 Pola Penyuluhan Peternakan. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Boyle, Patrick. 2004. Planning Batter Programs University of Wisconsin-Extension Madison, Mc Grow-Hill Book Company.

Book Ake Seven, 2006. Nilai-nilai Koperasi Dalam Era Globalisasi , Jasa Audit Nasional Jakarta

Hawakins, H.S & vanden Ban 2006. Penyuluhan Pertanian Penerbut Kanisius Jakarta.

Jarmei, M. Yunus1980, Peranan Ilmu Penyuluhan Pembangunan Menuju Pembangunan Pertanian Yang Berwawasan Agribisnis. Intitut Pertanian Bogor (IPB)

Kartasaputra dkk, 1988. Koperasi Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Penerbit Rineka Cipta

Margono Slamet, 1995, Sumbang Saran Mengenai Pola Strategi dan PendekatanPenyuluhan Pertanian “ Makalah Lokakarya Dinamika dan Perspektif Penyuluhan Pertanian Bogor. Padmanegara, Salmon 1978 Membina Penyuluhan Pertanian. Badan Pembinaan Pendidikankan dan Latihan Pertanian, Jakarta.

Pang, Asngari, 2005. Penyuluhan Koperasi. Makalah Lokakarya Penyuluhan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sularso, 1989. Beberapa Faktor Utama Mempengaruhi Keberhasilan Koperasi Dalam Usaha. Makalah Disampaikan dalam Seminar Agribisnis Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.