PENYULUHAN KEBIJAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA KELAWI KECAMATAN BAKAUHENI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Malik MALIK

Abstract


Judul pengabdian ini adalah Penyuluhan Kebijakan kebersihan Lingkungan di Dasa Kelawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

Pengabdian ini terutama ingin mensoalisasikan dan mejelaskan hal-hal yang menyangkut implementasi kebijakan kebersihan dalam meningkatkan efektivitas penanggulangan sampah di Kelawi  Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Adapun tujuan dari Pengabdian ini adalah agar masyarakat dapat mengetahui tentang implementasi kebijakan kebersihan dalam meningkatkan efektivitas penanggulangan kebersihan.

Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan telah dilaksanakan kepada aparatur Desa dan tokokh, agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda yang ada di Desa Kelawi  Kecamatan Bakauheni  Kabupaten Lampung Selatan. Dengan demikian bahwa ada hubungan yang signifikan antara implementasi kebijakan kebersihan lingkungan dengan efektivitas penanggulangan sampah di Kabupaten Lampung Selatan.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut, perlu  penambahan sarana seperti kendaraan pengangkut sampah, gerobak dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang memadai sesuai kebutuhan, kemudian prasarana seperti Tempat Pembuangan akhir yang (TPA) memadai yang tersedia dalam jangka panjang atau menengah, serta tenaga (SDM)   perlu diberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat juga sangat dibutuhkan

Keywords


Impelementasi, kebersihan, efektivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.