PEKERJAAN EVALUASI REHABILITASI/ PEMELIHARAAN JEMBATAN TIMBANG LOKASI AREA PT PELINDO II CABANG PANJANG –LAMPUNG

Sugito SUGITO, Any Nurhasanah, Yulfriwini YULFRIWINI, Ilyas Sadad

Abstract


Tim Tenaga Ahli Universitas Bandar Lampung telah melakukan kegiatan Evaluasi Jembatan Timbang Lokasi Area PT Pelindo II Cabang Panjang – Lampung pada bulan April 2017.

          Berdasarkan pemeriksaan di lapangan dan hasil analisis, dimensi komponen struktur tidak sesuai dengan gambar rencana seperti : jumlah loadcell dalam gambar dipergunakan 6 unit di lokasi terpasang 8 unit loadcell, dimensi profil baja IWF tidak tertulis dalam gambar kerja di lokasi terpasang profil baja IWF 600.200.11. 17, dan panjang 18 meter. Profil besi Cross Beam menggunakanprofil baja IWF 250.125.6.9. Pondasi pada jembatan timbang eksisiting tersebut menggunakan pondasi setempat persegi empat dengan lebar tapak 2,00 x 2,00 meter.

            Hasil pengukuran telah terjadi pergerakan struktur sebesar 6 cm dari posisi orizontal. Ketelitian loadcell tidak sempurna terjadi perbedaan nilai berat benda uji dengan nilai berat yang terbaca di monitor kompoter.

            Dari analisis kondisi struktur besi jembatan timbang saat ini dengan beban 509 ton, berpotensi mengalami lendutan sebesar 12,79 cm. Dengan kondisi tanah hasil sondir dan hasil analisa. kondisi pondasi eksisiting berpotensi mengalami penurunan sebesar 6,71 cm.

Berdasarkan analisis dan hasil pengujian, maka jembatan timbang terebut perlu dilakukan re-desain pondasi (bangunan bawah) dan struktur rangka baja (struktur atas), dengan struktur sebagai berikut : Struktur baja utama  (Main Beam) menggunakan profil baja IWF 700.300.13.24 dan Baja Cross Beam IWF 300.150.6,5.9. Pondasi menggunakan pondasi tiang pancang dengan ukuran 25 x 25 cm dan kedalaman 18 meter.


Keywords


kualitas fisik Jembatan Timbang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.