MATERI PENYULUHAN TENTANG KEPEMIMPINAN PADA KECAMATAN RAJA BASA KOTA BANDAR LAMPUNG

Agustuti Handayani

Abstract


Kepemimpinan merupakan kunci dalam manajemen yang memainkan peran yang penting dan strategis dalam kelangsungan suatu usaha. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berjiwa pemimpin, paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok & lingkungan dengan baik.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah meberikan pemahaman pada sasaran  tentang bagaimana kita menjadi seorang pemimpin yang baik, target dari penyuluhan ini adalahan menanamkan sifat-sifat meminimpin yang integritas.

Metode pelaksanaan menghubungi pikah kecamatan untuk memberikan informasi tentang penyuluhan yang akan di sampaikan dan  menghubungi pihak pihak kelompok sasaran melalu pihak kecamatan yang akan di berikan penyuluhan yaitu para ketua lingkungan  dan wakil, ketua RW dan Ketua RT serta wakil wakilnya.  Menentukan waktu dan jadwal penyuluhan , memberikan materi penyuluhan dan terakhir melakukan pos test pada kelompok sasaran penyuluhan.   


Keywords


Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Kartono, Kartini. (1998). Pemimpin dan Kepemimpinan : Apakah Pemimpinan Abnormal Itu ? PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suradinata, Ermaya. (1995). Psikologi Kepegawaian dan Peranan Pimpinan Dalam Motivasi Kerja . CV Ramadan, Bandung.

Winardi. (1990). Kepemimpinan Dalam Manajemen. PT. Rineka Cipta, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.