MEMBANGUN USAHA MANDIRI (Disampaikan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Kepada Masyarakat RT 007 LK II Labuhan Ratu Bandar Lampung)

Farida Efriyanti

Abstract


Untuk menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah dan tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena sebenarnya berwirausaha dapat dipelajari oleh setiap orang. Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide-ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi/komersial tinggi ke dalam sebuah Business Plan atau perencanaan bisnis yang matang dan realistis. Apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Lebih-lebih jika ditindaklanjuti dengan menuangkan ide-ide tersebut dalam tulisan sehingga dapat dikomunikasikan kepada pihak-pihak lain.
Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausaha yang tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif, namun tidak hanya itu saja. Memulai usaha merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan.
Ide-ide untuk memulai sebuah usaha dapat diawali dengan mengamati lingkungan. Biasanya ide baru muncul hasil dari proses interaksi seseorang dengan lingkungan. Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan apabila seseorang ingin memulai wirausaha, antara lain pilih bidang usaha yang Anda minati dan memiliki hasrat dan pengetahuan di dalamnya, perluas dan perbanyak jaringan bisnis dan pertemanan, pilihlah keunikan dan nilai unggul dalam produk/jasa anda, jaga kredibilitas dan brand image.


Keywords


Usaha; wirausaha; kunci sukses wirausaha

Full Text:

PDF

References


Rintang Saragih, 2017, “Membangun Usaha Kreatif, Inovatif, Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial”, STIE LMII MEDAN, VOL 3 NO. 2 ISSN : 2301-6264

Suwinardi, 2018, “Langkah Sukses Memulai Usaha”, Jurnal Orbith Vol. 14 No.3

Supriyanti, 2009, “Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha”, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 6 Nomor 1.

Wahju Wulandari, Sodik, 2019 “Manajemen Usaha Untuk Usaha Kecil”, Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.