PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG KEWIRAUAHAAN KOPERASI KELOMPOK TERNAK SETIA TANI

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Dalam menunjang keberadaan kelompok usaha banyak diperlukan keahlian berusaha dan sikap mental positif. Keahlian berusaha tekait dengan seni manajemen, yakni: merencanakan usaha, mengorganisasikan, menggerakan dan mengawasi usaha yang dikoordinasikan untuk mencapai tujuan.Kekuatan berusaha merupakan sikap mental yang berkembang menjadi kebiasaan, mental kepribadian dan mentalitas positif yang dapat dilihat dari kewirausahaan. Kepribadian dan mentalitas positif itu tercermin dari sikap mental, kemauan dan kemampuan positif dalam mengelola dan mengembangkan usaha,yaitu:adanya rasa percaya diri, daya pikir kreatif dan daya penggerak diri. Karenanya, mempelajari kewirausahaan sebagai fenomena baru merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan kelompok usaha ternak yang menggunakan pola koperasi sebagai“engine of growth”mesin pertumbuhan.Masalah yang timbul diantaranya:Apa penyebab yang menghambat perkembangan koperasi, bisakah Kewirausahaan Koperasi dipelajari ?, Apa konsep yang terdiri: arti, tipe dan perilaku kewirausahaan koperasi ?, bagaimana kebijakan dan strategi usaha dan strategi optimalisasi pelayanan koperasi ?.Dengan memperhatikan berbagai masalah itu, diharapkan koperasi/Kelompok Ternak “Setia Tani” yang dibentuk 2015 dapat bertahan dan berkembang dari waku ke waktu

Keywords


Kewirausahaan, Koperasi, Kebijakan dan Strategi Usaha

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2007), Kewirausahaan, untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta, Bandung.

Alfabeta, 2007, Bunga Rampai strategic, Manajemen Bisnis, Berbasis Hasil Penelitian, Bandung.

Buku Pegangan Kewirausahaan, (1994), UPT- Penerbitan IKOPIN, Sumedang.

Catherine De Vrye (2001), Good Service is Good Business, The Seven Screet of Service Success, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Jocken Ropke, 1992, Cooperative Entrepeneurship, Entrepreneurial Diamics and Their Promotion in Self-helf Organization, Marburg Consult, Germany.

-----------, 1992, Strategic Management of Slf-helf Organization, Marburg Consult Germany.

Kadarisman, Hudiono, (l996), Pola Inkubator, Pengentasan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi, PT Ibec dan Psac, Jakarta.

Kisdarto Atmosoeprapto, (2002).,Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Mnajemen Efisien, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Meridith, Geoffrey G, et.al, (1992), Kewirausahaan Teori dan Praktek, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Phillip Kotler (2001), Marketing Management, Analysis, Planning, Implementati on and Control, Prentice Hall, International Inc.

Prawirokusumo, Suharto, (1997), Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Wirausaha Tangguh, Makalah seminar, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil seminar Nasional, (1995), Kewirausahaan Koperasi, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, (1996), Internalisasi Program Inkubator Bisnis, dalam Pembinaan U KM dan Koperasi, PIBI-IPB, Bogor.

Supriyanto (2019),Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi Era Global dan Reformasi, Pustaka Media, Bandar Lampung.

----------, (2018), Kewirausahaan, Solusi Memasuki Dunia Kerja, Bisnis, Koperasi dan Birokrasi, Aura Publishing, Bandar Lampung.

----------, (2016), Restrospektif Ilmu Adminisrasi Bisnis, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.