TEKNOLIGI PENGGUNAAN dan PERAWATAN MESIN PENGGILING PADI KAMPUNG SRI MENANTI– KECAMATANNEGARA BATIN – KABUPATEN WAY KANAN

Zein Muhammad

Abstract


Masyarakat Kampung Sri Menanti rata-rata mata pencahariannya merupakan masyarakat petani sawah, baik sawah basah/irigasi maupun sawah tadah hujan.  Pada awalnya masyarakat kampung ini melakukan proses panen secara manual dan mengolah padi menjadi beras secara tradisional (ditumbuk). 

Namun dengan adanya perkembangan teknologi di bidang pasca panen hasil pertanian, maka penggunaan mesin pengolah sudah mulai digunakan, salah satunya adalah mesin yang digunakan untuk menggiling padi.  Mesin penggiling padi ini umumnya merupakan jenis mesin diesel, yang dalam pengoperasiannya membutuhkan perawatan dan perbaikan secara teratur dan periodik. Dan ini sering dilupakan bahkan diabaikan oleh para petani, karena komponen-komponen mesin ada yang perlu diperbaiki bahkan diganti setelah digunakan dalam suatu waktu/periode tertentu.

Mesin diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping mesin bensin dan turbin gas. Mesin diesel disebut dengan mesin penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar.

Untuk itu dalam penggunaannya juga membutuhkan proses perawatan yang teratur dan baik agar mesin tersebut dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur pakai yang lama. Sehingga dirasa perlu kepada masyarakat petani tersebut disampaikan informasi tentang bagaimana menggunakan dan merawat mesin penggiling padi tersebut.


Keywords


Teknologi, Perawatan, Mesin Penggiling Padi

Full Text:

PDF

References


Mitsubishi Motor, 2003, Training Manual , Sole Distribution of Mitsubishi Motors, Jakarta.

Mitsubishi Motor, 2007, Part Sales Training I , Sole Distribution of Mitsubishi Motors, Jakarta.

Panjaitan M Subaja, 2004, Engine Colt Diesel FE 3 dan 4 Series, Yogyakarta.

Toyota Astra Motor, 1998, Service Division, PT. Toyota Astra Motor, Jakarta.

Ir. AstuPudjanarsa, MT.; Prof. Ir. DjatiNursuhud, MSME., 2006, MesinKonversiEnergi. Andi Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.