PEMAHAMAN TENTANG PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI BISNIS KECIL

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Mengelola dan mengembangkan usaha kecil tidak hanya memerlukan suatu pemahaman tentang teknik-teknik manajemen yang umumnya dilakukan, tetapi juga suatu pengetahuan bidang-bidang lain yang berkaitan pengelolaan organisasi bisnis. Manajemen meliputi perencanaan, pengoganisasian, pengkoordinasian serta pengawasan sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan. Sifat-sifat yang kreatif khususnya pemusatan wewenang pada satu orang: wirausaha akan menimbulkan masalah khusus dalam pengembangan usaha kecil. Wirausaha dapat mengatasi ini dengan mengembangkan dan mempelajari keahlian manajemen yang sesuai dengan kapasitas bisnis. Dalam bahasan ini akan diuraikan keahlian manajemen yang meliputi mengenali peluang, membuat perencanaan, pengorganisasi an, pengawasan dan pembuatan keputusan. Wirausaha harus memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia serta petunjuk praktis mengenai pengadaan dan pengembangan tenaga kerja serta motivasi. Wirausaha juga didorong untuk mengembangkan teknik-teknik dan hubungan kemanusiaan. Karena berperan sebagai wirausaha sekaligus manajer kita harus mengetahui prinsip dan pelaksanaan yang akan membantu mengelola dan mengembangkan usaha kecil secara efektif.

Keywords


Manajemen bisnis, Wirausaha dan peluang bisnis

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2007), Kewirausahaan, untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta, Bandung.

Alfabeta, 2007, Bunga Rampai strategik, Manajemen Bisnis, Berbasis Hasil Penelitian, Bandung.

Buku Pegangan Kewirausahaan, (1994), UPT- Penerbitan IKOPIN, Sumedang.

DP2M (2008), Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan, Panduan Pengelolaan Program Hibah DP2M, Ditjen Dikti, Edisi Tujuh.

Catherine De Vrye (2001), Good Service is Good Business, The Seven Screet of Service Success, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Hidayat, 1997, Profil Pengusaha Eceran Indonesia dan peluang serta kendala dalam Menghadapi Era Globalisasi, Makalah Seminar.

Husein Umar (2008), Strategic Managemen in Action, Gramedia Puataka Utama, Jakarta.

Jocken Ropke, 1992, Cooperative Entrepeneurship, Entrepreneurial Diamics and Their Promotion in Self-helf Organization, Marburg Consult, Germany.

Jocken Ropke, 1992, Strategic Management of Self-helf Organization, Marburg Consult Germany.

Kadarisman, Hudiono, (l996), Pola Inkubator, Pengentasan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi, PT Ibec dan Psac, Jakarta.

Kisdarto Atmosoeprapto, (2002)., Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kisdarto Atmosoeprapto, 2000, Produktivitas, Aktualisasi Budaya Perusahaan,PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gamedia – Jakarta

Lee, Myun W, (1996), Mari Menciptakan Teori W Gaya Manajemen Korea (Let’s Make W Theory, Management Style of Korea), Terjemahan Chong Van Son, Andi Offset, Yogyakarta.

Meridith, Geoffrey G, et.al, (1992), Kewirausahaan Teori dan Praktek, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Phillip Kotler (2001), Marketing Management, Analysis, Planning, Implementati on and Control, Prentice Hall, International Inc.

Prawirokusumo, Suharto, (1997), Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Wirausaha Tangguh, Makalah seminar, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil seminar Nasional, (1995), Kewirausahaan Koperasi, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, (1996), Internalisasi Program Inkubator Bisnis, dalam Pembinaan U KM dan Koperasi, PIBI-IPB, Bogor.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, (1997), Pengembangan Disiplin Ilmu Kewira usahaan di Lingkungan Perguruan Tinggi, PIBI-IKOPIN, Sumedang.

Supriyanto (2019), Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi Era Global dan Reformasi, Pusaka Media, Bandar Lampung.

----------- (2019), Pengantar Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Penerbit UBL Press, Bandar Lampung.

------------ (2018), Teori Administrasi: Organisasi dan Manajemen serta Kepemimpinan, Penerbit Pusaka Media, Bandar Lampung.

----------- (2016), Restrospektif Ilmu Adminisrasi Bisnis, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.