PENYULUHAN PEMASARAN DENGAN JUDUL :KEUNGGULAN BERSAING DAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK KEPUASAN KONSUMEN/PELANGGAN PADA AGEN INDAH LOGISTIK CARGO METRO DI JL. SOEKARNO – HATTA NO. 05 GANJAR AGUNG METRO BARAT
Abstract
Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pemasaran dalam rangka untuk menciptakan keunggulan bersaing dan kualitas pelayanan kepada konsumen/pelanggan. Konsumen/pelanggan sangat penting dan utama untuk diperhatikan karena tanpa konsumen/pelanggan suatu perusahaan tidak berarti sama sekali. Dengan memperhatikan akan pentingnya pelayanan konsumen sebagai salah satu alat persaingan, suatu perusahaan harus mampu mengetahui lebih dahulu dimensi kualitas layanan jasa. Pemasaran yang sukses adalah keberhasilan dari setiap usaha yang dilakukan dengan mendapatkan konsumen/pelanggan yang loyal yang berkelanjutan. Masalah daya saing pada saat ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi para pelaku usaha. Tanpa memiliki kemampuan dan keunggulan bersaing para pelaku usaha tidak akan mampu bertahan didalam kegiatan usahanya. Keunggulan bersaing (competitive advantage) adalah kumpulan faktor-faktor yang membedakan suatu perusahaan dari pesaingnya dan memberikannya posisi yang unik dalam pasar.
Keywords
References
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
Alma, Buchari. 2007. Kewirausahaan. Bandung:Alfabeta.
Daryanto & Setyobudi, Ismanto. 2014 Konsumen Dan Pelayanan Prima. Yogyakarta:Gava Media .
Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta:CAPS.
Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Prenhallindo.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Lovelock, Christopher,at.al. 2014. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta:Erlangga
Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Swastha, Basu & Irawan. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta:Rineka Cipta.
Sangaji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta:Andi Offset
Sopiah & Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta:Andi Offset.
Stoner, James A.F, at.all. 1996. Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Prenhallindo.
Sunyoto, Danang. 2015. Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage). Yogyakarta:CAPS
---------------------.2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:CAPS
Siagian, Yolanda M. 2007. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suchaeri, Heri. 2012. Total Customer Percepatan Laba Sepanjang Masa. Solo:Metagraf.
Sutojo, Siswanto & Kleinsteuber.F. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta:Damar Mulia Pustaka.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa:Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta:Andi Offset.
---------------------. 2008. Strategi Bisnis. Yogyakarta:Andi Offset.
---------------------. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi Offset.
Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:Andi Offset.
Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality Dan Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta:Andi Offset.
--------------------------------------------------. 2012. Pemasaran Strategik.Yogyakarta:Andi Offset.
Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta:Salemba Empat.
----------------------------------------------------------------. 2002. Pengantar Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis Kecil. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Prenhallindo.
Sumber lainnya:
ciputrauceo.net/blog/2015/7/7/pengertian-pelayanan-prima
1. http://eisya-psychology.blogspot.co.id/2010/06/9-mengenal-karakter-pelanggan_20.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.