Pengawasan Peningkatan Jalan Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung

Yulfriwini YULFRIWINI, Any Nur Hasanah, Ilyas Sadad

Abstract


Kabupaten Mesuji Lampung saat ini sedang dalam usaha meningkatkan pelayanan dibidang sarana transportasi yang  tidak hanya terbatas pada usaha pembangunan dan peningkatan ruas jalan dan jembatan, tetapi bagai mana usaha dari seluruh instasi terkait serta masyarakat setempat untuk menjaga dan memelihara ruas jalan yang telah dibangun sehingga ruas jalan tersebut bisa melayani secara maksimal bagi pengguna jalan tersebut. Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana transportasi mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan perekonomian suatu daerah. Peningkatan perekonomian masyarakat pada suatu daerah sangat tergantung pada kelancaran mobilisasi barang dan jasa, sehingga pembangunan dan Pemeliharan jalan dan jembatan sebagai penghubung antar daerah dalam satu pulau  menjadi sangat mendesak untuk dilakukan.

Pekerjaan Pengawasan Peningkatan Jalan ini bertujuan menghasilkan kondisi jalan yang cukup baik. Untuk itu diperlukan suatu inpentarisasi kerusakan-kerusakan atau kebutuhan bangunan pelengkap yang diperlukan pada masing-masing ruas jalan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah kegiatan pengamatan pengukuran kerusakan-kerusakan pada jalan yang rencananya akan dibuat dengan menggunakan beton (rigit


Keywords


Transportasi, Perencanaan Peningkatan Jalan

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional ( BSN ), Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung ( SNI 03 – 2847 – 2002 )

Badan Standardisasi Nasional ( BSN ), Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung ( SNI 03 – 1729 – 2002 )

Soeharto, Imam. 1998. Manajemen Proyek Jilid . Jakarta: Erlangga

Departemen Pekerjaan Umum, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung ( SKSNI T-15-1991-03 ), Direktorat Yayasan LPMB Jakarta,1991

Departemen Pekerjaan Umum, Peraturan Pembebanan Indonesia Untuk Gedung ( PPIG ), Direktorat Yayasan Badan Penerbit PU, 1987.

Departemen Pekerjaan Umum, Pedoman Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Rumah dan Gedung ( SKBI – 1.3.53.1987 ), Yayasan Badan Penerbit PU,1987.

Indarto Himawan, Ir, M.S., Rekayasa Gempa, Universitas Diponegoro Fakultas Teknik Jurusan Sipil, 2005

Kementerian Pekerjaan Umum, Pertaruan Menteri Untuk Pedoman Laik Fungsi Banunan Gedung, Direktorat Yayasan Badan Penerbit PU, 2007.

Nitisemito dan Burhan. 2004. Wawasan Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek. Jakarta: PT Bumi Askara.

W.C. Vis, Gideon Kusuma, Ir, Dasar – dasar Perencanaan Beton Bertulang Berdasarkan SKSNI T-15-1991-03, Erlangga Jakarta,1997.

Wigroho, Haryanto Yoso, Analisis dan Perancangan Struktur Frame Menggunakan SAP 2000, Andi, Yogyakarta, 2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.