FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURUNNYA MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi pada Universitas Swasta dan Negeri di Bandar Lampung)

Indrayenti INDRAYENTI

Abstract


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURUNNYA MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK

 

( Studi pada Universitas Swasta dan Negeri di Bandar Lampung )

 

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi turunnya minat mahasiswa akuntansi khususnya di kota Bandar Lampung untuk berprofesi sebagai akuntan publik. Faktor-faktor yang dianalisis yaitu penghasilan finansial, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, dan nilai intrinsik pekerjaan.

 

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Swasta dan Negeri di Bandar Lampung. Penelitian menggunakan data primer yang didapat dari hasil pengisian kuisioner dan mendapatkan 183 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi.

 

Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa faktor-faktor seperti nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, dan nilai intrinsik pekerjaan dapat mempengaruhi turunnya minat mahasiswa untuk memilih profesi akuntan publik, dan faktor-faktor seperti penghasilan finansial dan pengakuan profesional tidak mempengaruhi minat mahasiswa untuk memilih profesi akuntan publik.


Keywords


faktor penghasilan finansial, faktor pengakuan profesional, faktor nilai-nilai sosial, faktor lingkungan kerja, faktor pertimbangan pasar kerja, faktor nilai intrinsik pekerjaan, minat mahasiswa akuntansi, dan profesi akuntan publik

Full Text:

PDF

References


Andersen, W. 2012. Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi sebagai Akuntan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Aprilyan, A.L. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Azwar, S. 1998. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Apriliyan, Lara Absara. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik. Jurnal.

Djarwanto Ps. 2001. Mengenal Berbagai Uji Statistik dalam Penelitian.

Yogyakarta: Liberty.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heri, P. 1998. Pengertian Minat Menurut Para Ahli Artikel Definisi Minat Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC.

IAI. 2004. Standar Profesi Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

IAPI. 2010. Buletin Akuntan Publik, Tahun II/edisi: 08 Agustus 2010.

Jainuari, Achmad, 2009. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor-Faktor Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Skripsi. STIE Perbanas, Surabaya.

Merdekawati. 2011. Faktor – faktor yang Mempengaruh i Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Skripsi. Semarang.

Noviasari. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Oktavia, M. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Memotivasi Pemilihan Karir bagi Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Widyatama. Bandung.

Peraturan Pemerintah Replubik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Pendidikan Tinggi. 24 Juni 1999. Lembaran Negara Replubik Indonesia Tahun 1999 Nomor 115. Jakarta.

Rahayu, Sri. dkk. 2003. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober

Setiyani, R. 2005. Faktor-faktor yang Membedakan Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Profesi Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Tesis. Program S2 Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.

Simamora, Henry. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:

Penerbit STIE YKPN.

Shinarta, W. 2014. Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi di Surabaya Terhadap Profesi Akuntan Publik. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Akuntansi Surabaya. Surabaya.

Stolle, S.D. 1976. Student’s Views of The Public and Industrial Accountan.

Journal of Accountancy, may, pp.106-109.

Sulistyawati, Ardiani Ika dkk. 2013. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 5 No. 2 September 2013.

Umar, H. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada .

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 Akuntan Publik. 3 Mei 2011. Lembaran Negara Replubik Indonesia Tahun 2011 Nomor 51. Jakarta.

Widiatami. 2013. Determinan Pilihan Karir Pada Mahasiswa Akuntansi ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Strata 1 Universitas Diponegoro. Skripsi. Unversitas Diponegoro. Semarang.

Wahyu, D. 2006. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pilihan Karir. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Widyasari, Y. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Membedakan Pemilihan Karir. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Wijayanti, 2001. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Akuntansi. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Wulandari, R. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Skripsi.

Universitas Jember. Jember.

Yendrawati, R. 2007. Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Akuntan. Jurnal Fenomena Vol. 5 No.2, September 2007: 176-191.

Yuanita. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Membedakan Pemilihan Karir. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

http://pppk.kemenkeu.go.id/Publikasi/Details/32/profil-akuntan-publik-2014, diakses 11Oktober 2016.

http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan-akuntansi-indonesia/detailarsip-617, diakses 10 Oktober 2016.

http://iapi.or.id/detail/77-6-info-keanggotaan, diakses 10 Oktober 2016.

http://iapi.or.id/kap/daftar-akuntan, diakses 10 Oktober 2016.

http://ekbis.sindonews.com/read/877716/34/Indonesia-kekurangan-akuntan-profesional-1403869825, diakses 10 Oktober 2016.

http://www.setjen.kemenkeu.go.id/Page/pusat-pembinaan-profesi-keuangan, diakses 10 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.