ANALISA KEKUATAN MATERIAL VELG SEPEDA MOTOR JENIS CAST WHEEL DAN SPOKE WHEEL TERHADAP PENGUJIAN IMPACT
Abstract
Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini semakin maju. Salah satunya dilihat dari sarana transportasi yang ada saat ini. Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan di jalan raya, kecelakaan lalu lintas adalah salah satu masalah yang membutuhkan penanganan yang serius. Akhir-akhir ini banyak dijumpai sepeda motor di Indonesia yang menggunakan velg sepeda motor jenis cast wheel dan spoke whell. Dalam penggunaan sepeda motor, kekuatan velg sangatlah penting, karena velg merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang menerima tegangan dan beban yang cukup tinggi. Permukaan jalan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tegangan dan deformasi pada casting wheel dan spoke wheel. Ditambah dengan kecepatan dari pengendara yang akan mempengaruhi harga impact dari cast wheel dan spoke wheel. Velg jenis cast wheel dan spoke wheel dibawa jalan dalam waktu 0 jam, 2 jam, 4 jam. Setelah kedua jenis velg sepeda motor tersebut dibawa berjalan, kemudian akan dilakukan pemotongan spesimen agar dapat dilakukan pengujian impact. Pengujian impact disini akan mengetahui energi yang dihasilkan dari kedua jenis velg tersebut. Setiap spesimen benda uji yang akan dilakukan pengujian impact akan mendapatkan harga impact yang berbeda, karena dipengaruhi suhu pada saat roda berputar dan akan mempengaruhi suhu pada velg yang terpasang di sepeda motor yang digunakan. Dari hasil pengujian impact didapatkan perbedaan harga impact dari kedua jenis velg karena dipengaruhi lamanya waktu berjalan dari kedua velg tersebut
Keywords
Velg Cast Wheel ; Velg Spoke Wheel ; Waktu Jalan ; Uji Impact.
Full Text:
PDFReferences
Buntarto. “ Paduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor ”. Pustakabarupress, Yogyakarta.
Hadi,Syamsul. (2016). “ Teknologi Bahan ”. Andi, Yogyakarta
Schӧnmetz,Alois. (2013). “ Pengetahuan Bahan Dalam Pengerjaan Logam”
Surdia,Tata dan Saito,Shinroku. (1999). “ Pengetahuan Bahan Teknik ”. Pradnya paramita, Jakarta.
Zuli,M. (2016). "Analisis Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Spoke Wheel dan Cast Wheel pada Pelek Sepeda Motor”. Skripsi S1, UNISMA, Bekasi.
https://danidwikw.wordpress.com/
http://hima-tl.ppns.ac.id/?p=667
http://materialteknikafcoo19.blogspot.co.id/
http://totalotomotif.com/bagian-utama-roda-sepeda-motor/
Refbacks
- There are currently no refbacks.