PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND EQUITY UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Sapmaya Wulan, Angrita Denziana, Farida Efriyanti, Fenty Ariani

Abstract


Teknologi internet melalui media sosial memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Perguruan tinggi yang sudah memiliki brand sangat berkepentingan dengan media sosial sebagai sarana untuk mengkomunikasikan brandingnya agar mudah diakses sehingga akan dengan cepat menyebar di masyarakat. Universitas Bandar Lampung (UBL) merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Lampung yang sudah dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional. Dalam rangka mengkomonikasikan brandingnya, UBL menggunakan media sosial berupa facebook, twitter dan website. Nama Universitas Bandar Lampung telah masuk di dalam rangking dunia webometrics perguruan tinggi walaupun posisinya masih berada di urutan bawah. Tujuan penelitian pada tahun pertama adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial yang terdiri dari facebook, twitter dan website  terhadap brand equity yang memiliki demensi brand awareness, brand  loyalty, perceived quality, dan brand associations serta untuk mengetahui hasil kajian tentang pengaruh media sosial  terhadap  brand equity Universitas Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah penelitian eksplanatori  (Explanatory Research). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data  primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 111 orang dan teknik smpling yang digunakan adalah  accidential sampling. Penelitian ini menggunakan Metode Struktural Equation Modelling (SEM) berbasis SMART Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Facebook, Twitter dan Websitte, memberikan kontribusi terhadap Brand Equity sebesar 48%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti, 2) Facebook mempunyai pengaruh paling besar terhadap Brand Equity diikuti oleh Website dan Twitter, 3) Dimensi Perceived Quality mempunyai pengaruh paling besar terhadap Brand Equity diikuti berturut-turut oleh Brand  Loyalty, Brand Awareness, dan Brand Associations. 4) Hasil pengujian hipotesis: Facebook, Twitter, dan Website berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equity.

Keywords


Media Sosial; Brand Equity; Brand Awareness; Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Associations

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Aaker, David A. 1996. Strong Building Brands. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 18-1-2015.

Aaker, David A., Kumar, dan Day. 2001. Online: (Brand equity-Bab_1- eprints.undip.ac. id384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 18-1-2015.

Chin, W.W., Newsted, P.R., 1999. Setructural Equation Modelling Analysis with Small Samples using Partial Least Square. In: Hoyle, R.H. (Ed), Statistical Strategies for Small Sample Research. Sage Publication, Thousand Oak.

Dewanti dkk. 2007. Online: (https:// bertousman.wordpress.com/2011/10/02/aplikasi-marketing-mix-terhadap-brand-equity-perguruan-tinggi-sebagai-sebuah-tinjauan-literatur/). Diakses 19-12-2014.

Dewi, 2005 dan Andre, 2006. Online: (https://bertousman.wordpress.com/2011/10/02/ aplikasi-marketing-mix-terhadap-brand-equity-perguruan-tinggi-sebagai-sebuah- tinjauan-literatur/). Diakses 19-12-2014.

Ghozali, Imam (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

____________ (2006). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, Joseph., William C. Black, Barry J. Babin, and Rolph E. Anderson (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.)Englewod Cliffs, NJ. Printice Hall.

Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R. 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Online: (https://bertousman.wordpress.com/2011/10/02/aplikasi-marketing mix-terhadap-brand-equity-perguruan-tinggi-sebagai-sebuah-tinjauan-literatur/). Diakses 19-12-2014.

Internet. Definisi dan Pengertian Website, Web Hosting & Toko (Internet techscape. com/?p=64). Diakses 24-1-2015.

Internet. Karakteristik Jaringan Sosial. (http://socialnetworking.lovetoknow.com/ characteristicsof_social_ networks).18-1-2015.

Internet. Pengertian dan Penggunaan Facebook (http://riszal-juniar-arifin.blogspot. com/2011/11/pengertian-dan-kegunaan-facebook.html). Diakses 12-1-2015.

Internet. Pengertian Media Sosial, Peran serta Fungsinya (https://ptkomunikasi. wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/). Diakses 12-1-2015.

Internet. 2014. Pengertian Social Media, Social Network, Peran serta Fungsinya. (https://www.facebook.com/notes/wisnu-iray/pengertian-social-media-social network-peran-serta-fungsinya/10151963078035205. Diakses 18-1-2015

Internet. Pengertian Website dan Sejarahnya (http://shareilmu-komputer. blogspot. com/2013/03/sejarah-website-&-teknologi-terbaru.html).Diakses1 2-1-2015.

Internet. 2015. Ranking Web of Universities. (www.webometrics.info/en/Asia_ Pasifico/South East Asia?page=3. Diakses 24-1- 2015. 48

Internet. 2015. UBL Luncurkan 2 Jurnal Internasional ( http://www.ubl.ac.id/ news-a-article/1632-ubl-luncurkan-2-jurnal-internasional.html). Diakses 24-1- 2015.

Internet. 2015. Universities in Indonesia By 2015 University Web Ranking. (http:// www. 4icu.org/id/#share). Diakses 24-1- 2015.

Jansen,B.J, Zhang,M.,Sobel, K., Chowdury,A. 2009. Pengaruh Media Sosial Twiter thd Brand Attachment. Online: (Pengaruh Media Sosial Twiter thd Brand Attachment-lontar.ui.ac.idfilefile=digital2033323).Diakses 24-1-2015.

Kapferer. 2008. Online: (Brand equity-Bab_1-eprints.undip.ac.id384532Bab_1. pdf-19-12-2014). Diakses 12-1-2015.

Kaplan, Andreas dan Haenlein, Michael. Media Sosial (http://id.wikipedia.org/wiki/ Media_sosial). Diakses 12-1-2015.

Keller. 2003. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 12-1-2015.

Kotler dan Fox. 1995. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 12-1-2015.

Kotler & Keller. 2009. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 12-1-2015.

Majalah Mix Marketing. 2009. Online: Brand equity-Bab_1-eprints.undip.ac.id 384532Bab_1.pdf-19-12-2014. Diakses 12-1-2015.

Marketeers edisi spesial. 2013. Online: (Media... dg brand euity-19122014-ournal. unitas-pdg.ac.iddownlotfile.phpfile...pdf). 18-1-2015.

Maulana, Amalia E. . 17 Januari 2010. Antara News, (Brand equity-Bab_1-eprints. undip. ac.id384532Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 24-1-2015.

Pangkalan Data Perguruan Tinggi Dirjen DIKTI. 2014. Hasil Pencarian Perguruan Tinggi Prop. Lampung. Online (http://forlab.dikti.go.id/perguruantinggi/ search. Diakses 12-1-2015.

Peter dan Olson. 1996. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id384532 Bab_1. pdf-19-12-2014). Diakses 18-1- 2015.

Rangkuti. 2003. Online: (httprepository.widyatama.ac.idxmluibitstreamhandle 1234567893247.pdfsequence=5-19122014). Diakses 18-1-2015.

Teguh, Muhammad. 2001. Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Grafindo Persada.

Umar, Husein. 2000.Metode Penelitian Skripsi & Tesis Bisnis. Jakarta: Grafindo.

Usman, Berto. 2011. Aplikasi Marketing Mix terhadap Brand Equity Perguruan Tinggi :Tinjauan Literatur. Online: (https://bertousman.wordpress.com/ 2011/10/02/ aplikasi-marketing-mix-terhadap-brand-equity-perguruan-tinggi-sebagai-sebuah-tinjauan- iteratur/). Diakses 19-12-2014.

Waeraas & Solbakk. 2008. Online: (Brand equity-Bab_1 eprints.undip.ac.id 384532 Bab_1.pdf-19-12-2014). Diakses 18-1-2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.