PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT SARANA MULYA KENCANA POLITRON DI BANDAR LAMPUNG

Nuria Erisna

Abstract


Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Salah satu tanda keberhasilan suatu perusahaan adalah ditandai dengan kepuasan konsumen, perusahaan akan bersaing dalam memuaskan konsumen, ada beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas produk dan harga produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis  ”Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT.Sarana Mulya Kencana Polytron di Bandar lampung”.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda secara parsial dan simultan dengan jumlah responden 55 konsumen PT.Sarana Mulya Kencana Polytron di Bandar lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi lapangan, studi kepustakaan dan kuesioner.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara parsial Untuk variabel  kualitas produk diperoleh nilai thitung sebesar 4,470 sedangkan nilai ttabel dengan melihat table statistik pada signifikansi 0,05 dan df (n –2) = 53, sebesar ttabel 2,006 atau dengan kata lain thitung > ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,000, lebih kecil dari α yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan significant. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain:

Hipotesis pertama: Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. Sarana Mulya Kencana Polytron Bandar Lampung.

Untuk variabel  Harga diperoleh nilai thitung sebesar 2,530 sedangkan nilai ttabel dengan melihat table statistik pada signifikansi 0,05 dan df (n –2) = 53, sebesar ttabel 2,006 atau dengan kata lain thitung> ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,014 lebih kecil dari α yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan significant. Dengan demikian,  Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain:

Hipotesis kedua: Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen PT.Sarana Mulya Kencana Polytron Bandar Lampung.

Untuk pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung (166,876) > Ftabel (3,18) dengan nilai signifikansi (sig.) 0,000< α 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti secara bersama-sama kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y).

Keywords


Kualitas produk, Harga dan Kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Buchori, . 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Produk. Penerbit CV. Alfa Beta. Bandung.

Ghozali, Imam,. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Ghozali. Imam, . 2009 Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS Penerbit, Universitas Diponogoro, Semarang

Istijanto 2007 Riset Sumber Daya Manusia, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta/0

Istijanto 2009 Riset Sumber Daya Manusia, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta/0

Kotler, Philip,dan Kevin Lana Keller. 2009 Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tiga Belas , Erlangga, Jakarta

Saladin.D. 2008.. Manajemen Pemasaran, Analisis,Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pengendalian. Linda Karya Bandung

Swastha, Basu, 2010. Manajemen Penjualan. BPFE Yokyakarta Yokyakarta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, F. 2007. Service Marketing : Sekolah Esensi & Aplikasi. Penerbit ; Marknesis. Yokyakarta

Tjiptono, F. 2009. Service Marketing : Sekolah Esensi & Aplikasi. Penerbit ; Marknesis. Yokyakarta

Umar . Husein 2005. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen.. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.