ANALISIS PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI Pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung
Abstract
Tugas pokok dan fungsi merupakan hal-hal yang harus bahkan wajib dikerjakan oleh seorang anggota organisasi atau pegawai dalam suatu instansi secara rutin sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan program kerja yang telah dibuat berdasarkan tujuan, visi dan misi suatu organisasi. Setiap pegawai seharusnya melaksanakan kegiatan yang lebih rinci yang dilaksanakan secara jelas dalam setiap bagian atau unit.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tugas pokok dan fungsi pegawai dalam meningkatkan pelayanan pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif. Dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dari awal hingga akhir penelitian. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data dengan cara penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi pegawai dalam meningkatan pelayanan kepada masyarakat di nilai baik. Hal tersebut dikarenakan sebagian masyarakat memberikan pandangan yang cukup baik terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung sebagai kebutuhan bagi setiap masyarakat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi Dalam Meningkatkan Pelayanan adalah bagaimanakah upaya pegawai dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dan menambah sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya memadai guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ratminto dan Atik. 2010. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta
Himawan, Muamar. 2004. Pokok-pokok Organisasi Modern. Bina Ilmu. Jakarta.
Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Moleong. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja RosdaKarya. Bandung.
Prajudi, Admosudirjo. 2001. Teori Kewenangan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management / Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Penelitian Terdahulu :
Anita, Wongkar. 2016. Perilaku Aparatur Pemerintah Dalam Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pada Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Program PascaSarjana Universitas Samratulagi. Sulawesi Utara
Asyakir, Muhammad. 2014. Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi (TUPOKSI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandau Dalam Melaksanakan Pelayanan dan Bimbingan Kepada Masyarakat. Universitas Riau
Kalengkongan, Mody. 2015. Tugas Pokok Dan Fungsi Camat Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Studi Pada Kantor Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara. Skripsi Universitas Sam Ratulangi
Undang-undang :
Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Asas Pelayanan Publik
Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Prinsip Pelayanan Publik
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Refbacks
- There are currently no refbacks.