UPAYA MENGEMBANGKAN PARIWISATA KOTA BANDAR LAMPUNG

Habiburrahman HABIBURRAHMAN, Indah Primadhini

Abstract


Kota Bandar Lampung merupakan salah satu dari beberapa daerah yang menjadi destinasi wisata di Provinsi Lampung yang memiliki 49 objek wisata di Bandar Lampung yang dikelola oleh pemerintah maupun dikelola secara mandiri (swasta). Program pembangunan pariwisata daerah Kota Bandar Lampung lebih diarahkan pada pembenahan fisik, hal ini baik dilakukan tetapi akan menjadi suatu persoalan tersendiri pada masa yang akan datang apabila tidak disertai dengan kesiapan pemandu wisata. Pemandu wisata seringkali mendapat perhatian yang rendah. Hal tersebut mengakibatkan timbulnya permasalahan serius dalam industri kepariwisataan, dan memungkinkan terhalangnya partisipasi masyarakat setempat dalam kegiatan ekonomi yang dikembangkan dari pengembangan kepariwisataan. Keberhasilan pengembangan pariwisata sangat dipengaruhi oleh pemandu wisata yang memiliki keahlian yang sesuai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Upaya pengembangan pemandu wisata harus dilakukan secara komprehensif dan terus menerus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis Pengembangan Pemandu Wisata pada Pembangunan Pariwisata Kota Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data yang didapatkan berasal dari pengamatan lapangan, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan wisata di Kota Bandar Lampung sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang pariwisata dan sudah berjalan baik namun tetap harus ada peningkatan di berbagai bidang.


Keywords


Pariwisata;Pengembangan; Bandar Lampung

Full Text:

PDF

References


Anugrah, Krishna dan Sudarmayasa, I Wayan. 2017. Pembangunan Pariwisata Daerah Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia di Gorontalo. JUMPA Volume 4 Nomor 1.

Denim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Kencana. Jakarta.

Desky, MA. 2001. Manajemen Perjalanan Wisata. Adicita Karya Nusa. Yogyakarta.

Deviana, Astria. 2017. Membangun Kesadaran Masyarakat yang Melek Pariwisata. Diakses dari http://astarideviana.blogspot.com/ Tanggal akses 7 Juni 2018.

Kadarisman, M. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kurniawan, Asep. 2011. Pariwisata dan Kondisi Sumber Daya Manusia Hotel Berbintang di Provinsi Jawa Barat. Portofolio Vol. 8 No. 2 Nopember 2011 : p68 – 84.

Kusworo, Hendri Adji dan Damanik, Janianton. 2002. PENGEMBANGAN SDM PARIWISATA DAERAH: Agenda Kebijakan untuk Pembuat Kebijakan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 6, No. 1, Juli 2002.

Mayadi, Ni Luh. 2015. Model Pengembangan SDM Berbasis Kearifal Lokal dan Regional (Analisis Kritis dari Kesiapan SDM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean) MEA. Jurnal Manajemen & Bisnis, Volume 13 Nomor 2.

Moekijat. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Penerbit Mandar Maju. Bandung.

Moleong, J. Lexy. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muhajir. 2005. Menjadi Pemandu Wisata Pemula. PT. Grasindo. Jakarta.

Mulyasa, Enco. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ningrum, Epon. 2014. Penelitian tindakan kelas panduan praktis dan contoh edisi revisi. Cetakan kedua. Penerbit Ombak. Jakarta.

Notoatmojo, Soekidjo. 2009. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Pendit, S Nyoman. 2006. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Pradya Paramita. Jakarta.

Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 03 Tahun 2017.

Peraturan Daerah Provinsi Lampung nomor 6 tahun 2011.

Peraturan Menteri Nomor : PM.07/DL.107/MKP/2011.

Peraturan Menteri Kep.57/MEN/III/2009.

Priansa, Donni. J. 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Cetakan Pertama. Penerbit CV Alfabeta. Bandung.

Rachmawati, Ike Kusdyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Robbin, Stephen P.2010. Perilaku Organisasi. PT INDEKS Kelompok Gramedia. Jakarta.

Rofaida, Rofi. 2013. Model Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Sektor Pariwisata di Kota Bandung Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Sektor Pariwisata. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Volume 1, Nomor 1.

Setiawan, Rony Ika. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 hlm. 2335.

Sekaran, Uma, dan Bougie, Roger. 2017. Metode Peneitian untuk Bisnis Edisi 6 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Sekaran, Uma, dan Bougie, Roger. 2017. Metode Peneitian untuk Bisnis Edisi 6 Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori pengembangan organisasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar dasar pariwisata. Andi. Yogyakarta.

Spencer and Spencer. 1993. Competence at Work: Model for Superior Performance, John Wiley &Sons, Inc, New York.

Spillane, J. 1987. Pariwisata Indonesia Sejarah Dan Prospeknya. Kanisius. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.