ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS KENDARAAN JALAN SULTAN AGUNG KOTA BANDAR LAMPUNG

Yulfriwini YULFRIWINI

Abstract


Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung merupakan jaringan jalan arteri dengan status Nasional, dimana merupakan jalan yang dikembangkan untuk melayani dan menghubungkan kota-kota antar pusat kegiatan wilayah dan pusat kegiatan lokal. Pada ruas Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung sering mengalami permasalahan lalu lintas seperti tundaan, kemacetan, polusi udara maupun polusi suara. Keadaan Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung terdapat cukup banyak fasilitas umum seperti Mall Boemi Kedaton, Perlintasan rel kereta api, Kantor Radar Lampung, PT. Telkom dan sejumlah pertokoan dan warung-warung di pinggir jalan yang tentunya menambah aktivitas yang terjadi pada ruas jalan tersebut.

Beberapa sasaran pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan yang melintasi Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung, mengetahui besarnya kapasitas ruas Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung, menganalisis kinerja ruas Jalan Sultan Agung. Data yang diperlukan pada penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari hasil survey secara langsung di lapangan, data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait dalam hal ini adalah Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung. Dalam analisa kinerja ruas jalan menggunakan panduan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997).

Berdasarkan hasil analisa, dapat dikatakan bahwa kinerja ruas Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung menurun,hal ini dapat dilihat dari derajat kejenuhannya, dimana pada jam puncak sore diperoleh sebesar 0,69 dengan tingkat pelayanan D

Keywords


Kapasitas Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kinerja Ruas Jalan

Full Text:

PDF

References


DirektoratJenderal Bina Marga (1997). Manual KapasitasJalan Indonesia (MKJI). Bina Karya. Jakarta.

Highway Capacity Manual, HCM (1994). Washington: National Research Council (US), Transportation Research Board, Washington, D. C.

Munawar, Ahmad. 2011. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta : Beta Offset

Tamin, O. Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, danRekayasaTransportasi. Bandung : ITB.

https://www.slideshare.net/mobile/MiraPemayun/cokorda-istri-mira-pemayun-1104105085

https://www.slideshare.net/mobile/ekapermanaputra/analisis-kinerja-ruas-jalan

https://www.google.co.id/search?q=tipe+tingkat+pelayanan+jalan+perkotaan+mkji&oq=tipe+tingkat+pelayanan+jalan+perkotaan+mkji&aqs=chrome..69i57.20832j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Sukirman, S. 1994. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.