TEKNOLOGI PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN PENYEGARAN UDARA (AIR CONDITIONING /AC)

Zein Muhammad

Abstract


Pengkondisian udara tidak hanya penting bagi penghuni suatu bangunan yang sedang melakukan kegiatan didalamnya, namun juga perlu bagi suatu proses industri tertentu maupun penyimpanan barang-barang tertentu seperti bahan kimia, peralatan metrology dan lain-lain. Khusus untuk keperluan penghuni, tentunya kondisi yang aman dan nyaman merupakan tujuan suatu mekanisme pengkondisian udara. Sedangkan bagi proses industri maupun penyimpanan, pengkondisian udara diharapkan dapat menyediakan udara dengan tingkat keadaan yang sesuai dengan persyaratan agar proses industri dan penyimpanan bahan dapat dipenuhi. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi sistem pengkondisian pada praktek sehari-hari seperti bidang kegiatan kedokteran, farmasi, pertanian, olahraga dan lain sebagainya.

Tetapi walaupun aplikasinya luas, proses perlakuan sifat-sifat termodinamik udara masih sama, artinya secara prinsip, tujuan pengkondisian udara adalah menciptakan kondisi udara sesuai dengan yang diinginkan dengan bantuan mekanik.

Mengingat salah satu tujuan pengkondisian udara ini adalah untuk kenyamanan penghuni, maka ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi tingkat kenyamana tersebut; diantaranya :

-    Temperatur udara sekitar orang berada

-    Kelembabannya

-    Kecepatan udara disekelilingnya

-    Aktivitas yang dilakukannya

-    Jenis pakaian

-    Warna dinding ruangan dimana penghuni berada

Didalam teknik pengkondisian udara, faktor temperatur, kelembaban dan kecepatan udaralah yang lebih dititikberatkan untuk dibahas sesuai dengan kegiatan penghuni.  Hal ini disebabkan bahwa ketiga faktor tersebut dapat divariasikan dengan bantuan peralatan mekanik.

Secara umum dari statistik diperoleh bahwa untuk kegiatan normal, batas-batas tersebut antara lain :

-    Temperatur                 :  20 – 260C

-     Kelembaban relatif    :  45 - 600C

-    Kecepatan udara         :  kurang dari 0,25 m/s


Keywords


Pengkondisian udara; tingkat kenyamanan : perawatan air conditioning

Full Text:

PDF

References


Althouse, Andrew D. dkk. Modern Refrigeration and airconditioning. Illinois: The Goodhearth Wilcox Company, Inc. 1982.

Drs.Pambudi Prasetya ”Buku service air conditioner” , www.google.co.id

Edwin P. Anderson,1970; Refrigeration and Air Conditioning Guide –I, Home Refrigeration and Air Conditioning, D.B. Taraperovala Sons and Coperative Ltd.

Frigidaire Division of general Motor Ltd. Instalation and Service Manual for Frigidaire Semi Hermatic Condensing Units, Bolton 1975.

Lindley R. Higgins, 1998, “Maintenance Engineering Hand Book”, Fourth Edition, Mc. Graw-Hill International, New York.

Richard C. Jordan and Gayle B. Priester; Refrigeration and Air Conditioning Second Edition, Printice Hall of India, 1985.

Sumanto, Drs. MA; Dasar-dasar Mesin Pendingin, Andy Jogyakarta, 2004.

Sudarminto, Teknik Service dan Reparasi Mesin Pendingin. Bandung Carya Remaja,1975

Wiranto Arismunandar dan Haizo Saito, Penyegaran Udara, Pradnya Paramita Jakarta, 1981.

Wilbert F. Stoecker / Supratman Hara “ Refrigerasi dan Pengkondisian Udara” , Penerbit Erlangga Jakarta - edisi kedua thn. 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.