Penggunaan dan Perawatan Mesin Pendingin Jenis Kulkas di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kotamadya Bandar Lampung

Zein Muhammad

Abstract


Dahulu lemari es atau yang lebih dikenal dengan nama kulkas saat ini, merupakan barang mewah karena disamping harganya mahal, pemakaian listriknya besar; selain itu masih jarang pula untuk di jumpai di pasar. Serta hanya bisa dimiliki oleh kalangan ertentu saja. Namun, saat ini kulkas telah dapat dirancang dan dapat bekerja dengan aman, mudah perawatannya, penggunaan listriknya kecil serta harganya relatif murah sehingga dapat dimiliki oleh hampir semua kalangan masyarakat.
Penggunaan kulkas terutama dimaksudkan untuk mengawetkan makanan, agar makanan yang telah disimpan dapat dimakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Mengawetkan makanan ada beberapa cara diantaranya adalah dengan cara diasapkan, dikeringkan, diasinkan dan didinginkan dalam lemari pendingin atau kulkas.
Tujuan mendinginkan bahan makanan dalam kulkas diantaranya adalah:
1. Agar dapat menyimpan makanan lebih lama dalam keadaan tetap baik
2. Membuat buah dan minuman lebih enak rasanya
3. Untuk menyimpan bahan kimia
4. Untuk membuat es
Karena saat ini kulkas juga telah digunakan oleh hampir segenap lapisan mesyarakat, mulai dari masyarakat perkotaan sampai pada masyarakat yang berada di pedesaan, maka kepada para masyarakat pengguna kulkas tersebut perlu di sampaikan informasi-informasi yang berguna dalam menggunakan kulkas; seperti bagaimana menyimpan bahan makan dalam kulkas, mematikan dan menghidupkan kulkas secara baik dan aman, membersihkan kulkas dan lain sebagainya, agar daya guna maupun umur kulkasnya dapat lebih lama dipertahankan.


Keywords


Mesin Pendingin

Full Text:

PDF

References


Edwin P. Anderson,1970; Refrigeration and Air Conditioning Guide –I, Home Refrigeration and Air Conditioning, D.B. Taraperovala Sons and Coperative Ltd.

Handoko K; Teknik Memilih, Memakai, Memperbaiki Lemari Es; PT. Ichtiar Baru Jakarta, 1981.

Richard C. Jordan and Gayle B. Priester; Refrigeration and Air Conditioning Secod Edition, Printice Hall of India, 1985.

Sumanto, Drs. MA; Dasar-dasar Mesin Pendingin, Andy Jogyakarta, 2004.

Wiranto Arismunandar dan Haizo Saito, Penyegaran Udara, Pradnya Paramita Jakarta, 1981


Refbacks

  • There are currently no refbacks.