Penyuluhan Tentang Mesin Perajang Serba Guna Sebagai Peningkatan Produksi Home Industri Keripik Di Desa Puralaksana Kecamatan Way Tenong Kabupaten DATI II Lampung Barat.

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Sebagian besar masyarakat Kecamatan Di Desa   Puralaksana Kecamatan Way Tenong Kabupaten Dati II Lampung Barat mempunyai mata pencaharian sebagai petani atau berkebun. Namun ada pula yang bekerja sebagai pedagang. Mereka yang memilih untuk bertani dan berkebun karena memiliki lahan yang subur. Beberapa jenis tanaman yang dihasilkan adalah singkong dan pisang. Hasil pertanian dan perkebunan tersebut mereka jual dalam keadaan mentah maupun diolah menjadi bentuk makanan lain. Salah satu bentuk pengolahan tersebut adalah keripik. Tujuan dari diolahnya hasil perkebunan dan pertanian tersebut manjadi bentuk keripik adalah untuk meningkatkan nilai jualnya. Dan masyarakat Di Desa   Puralaksana Kecamatan Way Tenong Kabupaten Dati II Lampung Barat mengolah keripik dengan bentuk usaha home industri. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat home industri tersebut adalah pengolahan yang masih dilakukan secara manual. Mulai dari proses pengupasan, perajangan, penggorengan, dan pembungkusan. Dan salah satu proses yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih adalah proses perajangan. Dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan akan bisa memberikan manfaat langsung kepada home industri keripik tersebut, yaitu menghasilkan sebuah mesin yang mampu menggantikan tenaga manusia dalam proses perajangan bahan baku keripik dengan hasil yang baik. Sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga, dan akhirnya meningkatkan produksi keripik

Keywords


Mesin Perajang Serba guna ; Home Industry ; Peningkatan Produksi

Full Text:

PDF

References


Beer, Ferdinand P, Johnston, E. Russell Jr., 2001, Mekanika Teknik Untuk Insinyur: Statika., Edisi keempat, Erlangga, Jakarta.

Deutzchman, Aron, D, 1999 Machine Design, Theory and Practice, MacMillan Publishing, Co, Inc, New York.

John A. Schey, 2004, Introduction to Manufacturing Processes, Third Edition, McGraw-Hill International Edition.

Shigley, Yoseph Edward, 2001, Mechanical Engineering Design, Seventh Edition, International Edition.

Suga, Kiyokatsu., Sularso., Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke-8, Pradnya Paramita, Jakarta.

Ulrich, Karl; Steven D. Eppinger, 2001, Perancangan Dan Pengembangan Produk, Irwin McGraw Hill, Salemba Teknika, Jakarta.

Zainun, Achmad, Ir, Msc., 1999, Elemen Mesin I, PT Refika Aditama, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.