PELATIHAN AKUNTANSI UNTUK UKM DI KELURAHAN SAWAH BREBES KECAMATAN TANJUNG KARANG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG

Herry Goenawan Soedarsa, Angrrita Denziana

Abstract


Pengelolaan keuangan dapat dilakukan melalui akuntansi. Akuntansi merupakan proses sistematis untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi penggunanya. Sepanjang UKM masih menggunakan uang sebagai alat tukarnya, akuntansi sangat dibutuhkan oleh UKM. Akuntansi akan memberikan beberapa manfaat bagi pelaku UKM, antara lain: (1) UKM dapat mengetahui kinerja keuangan perusahaan, (2) UKM dapat mengetahui, memilah, dan membedakan harta perusahaan dan harta pemilik, (3) UKM dapat mengetahui posisi dana baik sumber maupun penggunaannya, (4) UKM dapat membuat anggaran yang tepat, (5) UMKM dapat menghitung pajak, dan (6) UKM dapat mengetahui aliran uang tunai selama periode tertentu.
Melihat manfaat yang dihasilkan akuntansi, pelaku UKM seharusnya sadar bahwa akuntansi penting bagi perusahaan mereka.Penggunaan akuntansi dapat mendukung kemajuan UKM khususnya dalam hal keuangan.Peningkatan laba juga dapat direncanakan dengan menggunakan akuntansi. Dengan tingkat laba yang semakin meningkat, perkembangan UKM akan menjadi lebih baik sehingga UKM akan benar benar menjadi salah satu solusi bagi masalah perekonomian di Indonesia. Namun, masih banyak UKM yang belum menggunakan akuntansi dalam menunjang kegiatan bisnisnya.

Keywords


Pengelolaan keuangan; UKM

Full Text:

PDF

References


Benyamin, W. P., 1990. “Laporan Keuangan (Ikhtisar Akuntansi) Perusahaan Kecil” Dalam Prosiding Seminar Akuntan Nasional, Surabaya.

Hidayat, Imam. P, 2004, “Akuntansi untuk Usaha Kecil Menengah” http://imanph.wordpress.com pada tanggal 21 Oktober 2008.

Hidayat, Taufik, 2009, Membuat Aplikasi Akuntansi dengan MS. Excel, Mediakita, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2009, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Public, Jakarta.

Jusup, Al Haryono. 1999. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1 Edisi 5. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Krisdiartiwi, Mamik, 2008, Pembukuan Sederhana Untuk UKM, Media Pressido, Yogyakarta.

Mardiasmo. 2000. Akuntansi Keuangan Dasar Jilid 1 Edisi 3. Yogyakarta: BPFE UGM.

Mulyadi. 1993. Sistem Akuntansi Edisi 3. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Mulyadi. 1993. Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Madcoms, 2007 Panduan Lengkap Mocrosoft Excel 2007, Andi Offset, Yogyakarta.

Suhairi dan Wahdini, (2006), Persepsi akuntan terhadap overload standar akuntansi keuangan (SAK) bagi usaha kecil dan menengah, makalah yang disampaikan pada SNA IX- Padang, 23-26 Agustus 2006.

Tunggal, Amin Wijaya. 1997. Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil dan Menengah, Jakarta: Rineka Cipta.

Wirahardja, Roy Iman dan Wahyuni, Ersa Tri, 2009.“Perbedaan SAK ETAP dengan PSAK”, Majalah Akuntansi Indonesia; Edisi No.19/Tahun III/Agustus 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.