Penyuluhan Kewirausahaan dan Manajemen Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung

M. ACHMAD SUBING, Habiburrahman HABIBURRAHMAN, Defrizal DEFRIZAL, Endang Siswati Prihastuti

Abstract


Dr. H. M. Achmad Subing, SE,. MSi, Materi Penyuluhan Membangun Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung. Meteri penyuluhan ini di sampaikan kepada perwakilan 40 orang masyarakat selama dua hari pada tanggal 22-23 Oktober 2016 bertempat di Balai Desa Kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung.

Penyulihan ini bertujuan membangkitkan semangat dan menambah pengetahuan masyatakat dalam berwirausaha dengan membentuk unit-unit usaha Kecil dan Menengah guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat.
Materi Penyuluhan disampaikan dalam bentuk ceramah, Diskusi dan pelatihan yang meliputi : Pengertian UKM, Kreteria dikatakan UKM, Perlunya UKM, Syarat menjadi Pengusaha UKM, Cara memulai UKM yaitu dengan 1. Membuat tujuan Usaha, mencari ide usaha, menulis ide usaha, mengidentifikasi ide usaha, menyusun rencana kegiatan dan memulai usaha. Selanjutnya Strategi Untuk Mengembangkan Ukm Yang Dijalankan dengan cara: Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Dirinya, Pelaku UKM Harus Mau Belajar Tentang Management, Pelaku UKM Harus Melakukan Marketing dan Branding (LOGO), Pelaku UKM Harus Mampu Beradaptasi, Pelaku UKM Harus Mampu Berinovasi.
Target yang di capai dari hasil penyuluhan ini di harapakan terdapat 50 % dari peserta penyuluhan sebanyak 40 peserta dapat memulai usaha dan mendirikan UKM mandiri sehingga perekonomian keluarga dapat di tingkatkan.

 

Dr. Habiburrahman, SE,. MM, Materi Penyuluhan Koperasi.

Sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 33 bahwa perekonomian disusun berdasar azas kekeluargaan dan wujudnya adalah Koperasi. Manfaat koperasi bagi masyarakat untuk membantu kebutuhan hidup anggotanya . Berbagai macam koperasi didirikan, ada koperasi pegawai negeri atau swasta, koperasi pelajar, koperasi pedagang, nelayan, petani, masyarakat umum, dan lain-lain. Begitu banyaknya koperasi didirikan sehingga memberi peluang bergeraknya perekonomian nasional. Suatu koperasi hanya dapat didirikan bila memenuhi persyaratan berdasarkan Keputusan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor:
104.1/Kep/M.Kukm/X/2002 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan, Pengesahan Akta Pendirian Dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi. Setelah terbentuk pengurus dalam rapat pendirian koperasi, maka untuk mendapatkan badan hukum koperasi, pengurus/pendiri/kuasa pendiri harus mengajukan permohonan badan hukum kepada pejabat terkait.

 

Dr. Defrizal, SE., MM., Materi Perencanaan Strategi Bisnis.

Penyuluhan Manajemen strategi dan Perencanaan bisnis bertujuan untuk memberikan pemahaman arti pentingnya manajemen strategi dan perencanaan bisnis bagi masyarakat yang melakukan kegiatan usaha bisnis atau yang akan melakukan usaha bisnis di kelurahan. Setalah itu dapat melakukan tindak lanjut untuk membuat visi, misi, strategi dan perencanaan bisnis terkait dengan pengelolaan usaha, dalam rangka untuk menggali potensi ekonomi yang ada di Kelurahan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya.
Rencana usaha merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah usaha di mana sebuah bisnis yang tidak bisa membuat perencanaan sebenarnya merencanakan kegagalan. Dengan membuat suatu penilaian terlebih dahulu sebelum melakukan investasi, Manfaat yang bisa diperoleh dari perencanaan bisnis adalah, bisa digunakan sebagai pedoman atau alat untuk mengetahui apakah kegiatan bisnis yang akan dijalankan itu memungkinkan dan memiliki kelayakan untuk dijalankan dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya serta dapat dijadikan sebagai alat pengawasan.
Perencanaaan yang baik menjamin adanya perhatian yang fokus pada tujuan, sebab sebuah bisnis akan bertumbuh makin lama makin komplek sehingga business plan menjadi komponen yang sangat penting bagi setiap orang untuk tetap berpijak pada arah yang benar.

 

Dra. Endang Siswati Prihastuti.MS, Materi Kewirausahaan

Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dalam rangka untuk peningkatan pendapatan (penghasilan)  masyarakat.  Bekerja untuk memperoleh pendapatan (penghasilan) tidak harus menjadi pegawai pemerintah ataupun menjadi  karyawan swasta. Peluang untuk menciptakan pekerjaan atau lapangan usaha sendiri sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukannya baik usaha kecil maupun usaha menengah. Cita-cita dan semangat yang kuat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memulai dan mengembangkan usaha. Menjadi seorang wirausahawan adalah alternatif pilihan yang dapat dilakukan guna memperoleh pendapatan (penghasilan). Dengan berbekal semangat, potensi dan kekuatan dalam diri seseorang yang  berorientasi ke masa depan, maka hal ini  merupakan pendukung untuk menjadi seorang wirausahawan disamping dukungan permodalan (pendanaan).


Keywords


Sukses Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Aida Vitalaya Sjafri Hubeis, Prabowo Tjiptopranpto, Wahyudi Ruwiyanto, 1992. Penyuluhan Pembangunan di Indonesia PT Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Amri Jahe 1983 Pola Penyuluhan Peternakan. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Boyle, Patrick. 2004. Planning Batter Programs University of Wisconsin-Extension Madison, Mc Grow-Hill Book Company.

Book Ake Seven, 2006. Nilai-nilai Koperasi Dalam Era Globalisasi , Jasa Audit Nasional Jakarta

Hawakins, H.S & vanden Ban 2006. Penyuluhan Pertanian Penerbut Kanisius Jakarta.

Jarmei, M. Yunus1980, Peranan Ilmu Penyuluhan Pembangunan Menuju Pembangunan Pertanian Yang Berwawasan Agribisnis. Intitut Pertanian Bogor (IPB)

Kartasaputra dkk, 1988. Koperasi Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Penerbit Rineka Cipta

Margono Slamet, 1995, Sumbang Saran Mengenai Pola Strategi dan PendekatanPenyuluhan Pertanian “ Makalah Lokakarya Dinamika dan Perspektif Penyuluhan Pertanian Bogor. Padmanegara, Salmon 1978 Membina Penyuluhan Pertanian. Badan Pembinaan Pendidikankan dan Latihan Pertanian, Jakarta.

Pang, Asngari, 2005. Penyuluhan Koperasi. Makalah Lokakarya Penyuluhan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sularso, 1989. Beberapa Faktor Utama Mempengaruhi Keberhasilan Koperasi Dalam Usaha. Makalah Disampaikan dalam Seminar Agribisnis Institut Pertanian Bogor.

UU No. 25 Tahun 1992. Tentang perkoperasian.

Keputusan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 104.1/Kep/M.Kukm/X/2002 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan, Pengesahan Akta

Pendirian Dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi

Keputusan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor : 98/KEP/M.KUKM/IX/2004 tentang Notaris Sebagai Pembuat Akta Koperasi .

Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Rangkuti, Freddy (2004), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Hunger, J.David dan Wheelen, Thomas L. (2009). Manajemen Strategis. Andi Offset, Jakarta.

Bustami, Bastian,dkk. 2007. Mari Membangun Usaha Mandiri. Yogyakarta : Graha

Alma, Buchari. 2007. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Suharno, Bambang. 2008. Memulai & Mengelola Bisnis dari Nol. Jakarta : Penebar Swadaya.

Zimmerer, Thomas W, at.all. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.