Penyuluhan Perawatan Mesin Penggiling Padi di Desa Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Dati II Mesuji.

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Pada umumnya masyarakat Kecamatan di Desa Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Dati II Mesuji, sebagian besar dari masyarakatnya mempunyai mata pencaharian sebagai petani atau berkebun. Mereka yang memilih untuk bertani dan berkebun karena memiliki lahan yang subur. Beberapa jenis tanaman yang dihasilkan adalah padi. Penggilingan merupakan salah satu tahapan dalam pasca panen padi yaitu suatu proses pelepasan sekam dari beras. Karakteristik fisik padi sangat perlu diketahui karena proses penggilingan padi sebenarnya mengolah bentuk fisik dari butiran padi menjadi beras putih. Mesin-mesin penggilingan padi berfungsi melakukan pelepasan dan pemisahan bagian-bagian butir padi yang tidak dapat dimakan dengan seminimal mungkin, membuang bagian utama beras dan sesedikit mungkin merusak butiran beras. Program Penyuluhan Perawatan Mesin Penggiling Padi bertujuan untuk memelihara alat-alat, kelancaran pemakaian alat-alat produksi/mesin perkakas dan perlengkapannya, keamanan instalasi, efisiensi dari beberapa unit produksi, memperpanjang umur  mesin, alat-alat lain, untuk menciptakan kondisi kerja sebaik-baiknya, sekaligus mempertahankan kondisi sarana dalam perawatan berupa; alat-alat, mesin dan perlengkapan agar pelaksanaan kegiatan produksi dan keamanannya, perlindungan dari bagian-bagian yang berbahaya dapat dijamin lancar dan baik.

Keywords


Mesin Penggiling Padi ; Perawatan Mesin; Meningkatkan kelancaran produksi padi.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar Wiranto, 2002. “Penggerak Mula Motor Bakar Torak”. ITB, Bandung.

Daryanto, 1985. “Teknik Otomotif” , Bumi Aksara, Jakarta. Canada.

Pedoman teknis pengembangan penanganan pasca panen tanaman pangan tahun 2009. Ditjen Pengolahan dan pemasaran hasil Pertanian Deptan 2009.

Pedoman penanganan pasca panen tanaman pangan. Ditjen Pengolahan dan Pemasaran hasil pertanian 2006.

Panduan Teknis penanganan pasca panen gabah. Japan grain Inspection Association (Kokken) ODA Project 2003.

Robingu Usman, 1997. “Motor Bakar 3” , Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Sunyoto, Karnowo, S. M. Bondan Respati, 2008,. ” Teknik Mesin Industri Jilid 1 dan 2,” Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.