ETIKA KOMUNIKASI KEPEGAWAIAN

Azima Dimyati

Abstract


Ketika sedang melakukan komunikasi terkadang kita tidak memperhatikan etika-etika komunikasi dengan baik. Hal ini terkadang orang salah menafsirkan isi dari informasi yang diberikan ataupun yang didengarkannya.  Terlebih lagi ketika berkomunikasi dalam ruang lingkup perkantoran. Cara yang paling mudah meneraapkan etika komunikasi dalam perkantoran adalah semua anggota dan pimpinan perkantoran perlu memperhatikan beberapa hal yaitu tata karma pergaulan yang baik, norma kesusilaan dan budi pekerti, serta norma sopan santun dalam segala tindakan.

Target yang akan di capai adalah pegawai mengerti tentang etika berkomunikasi, pegawai mengetahui tentang norma-norma dan etika, pegawai dapat saling menghormati antara pimpinan dan staf pegawai lainnya. Sedabgkan luaran yang di harapkan adalah agar para pegawai dapat mengetahui tentang etika dan komunikasi yang baik sehingga kelancara dan proses pelayanan dapat berjalan dengan baik, para pegawai dapat mengetahui dang mengamalkan etika komunikasi kepegawaian dengan baik, pegawai dapat bergaul dengan baik dan berkomunikasi dengan baik antara pimpinan dan pegawai lainnya.

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang etika dan komunikasi kepegawaian dan penyuluhan tentang nilai-nilai etika dan komunikasi dengan sebenar-benarnya dengan konteks tujuan dan situasi


Keywords


Etika dan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana, Etika Bisnis Dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia seutuhnya, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Dwiantara, Lukas dan Hadi Sumarto, Rumsari, Etika Di Tempat Kerja, Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Arni, Muhammad, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Harun, Rochajat, Komunisai Organisasi, Bandung: Mandar Maju, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.