IbM Pemanfaatan Limbah Udang Sebagai Pakan Itik dan Pembuatan Telur Asin Rasa Udang Rendah Kolesterol (Tahap 2)

Soewito SOEWITO, Ardansyah ARDANSYAH, Noning Verawati

Abstract


Judul program ini adalah : IbM Pemanfaatan Limbah Udang Sebagai Pakan Itik dan Pembuatan Telur Asin Rasa Udang Rendah Kolesterol (Tahap 2), dengan Ketua Tim Pengusul : Drs. Soewito, MM., Anggota 1 : Ardansyah, SE.,MM., Anggota 2 :Noning Verawati, MA.

Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan sekelompok masyarakat  yang mandiri secara ekonomi dan meningkatkan ketrampilan berwirausaha, sebagai pengusaha penghasil telur itik dan pengusaha telur asin rasa udang rendah kolesterol.

Target khusus program yang akan dicapai  adalah terciptanya lima  pengusaha baru sebagai penghasil telur itik dan lima pengusaha baru penghasil telur asin

Forum Group Discussion (FGD) dilakukan dari dua kelompok mitra (1) Kelompok peternak itik petelur dengan nama: Kelompok Tani Bratasena Jaya yang beranggotakan

5 orang calon pengusaha, (2) Kelompok Tani pembuat telur asin rasa udang rendah kolesterol dengan nama : Kelompok Usaha Telur Asin Bratasena Maju, yang beranggotakan 5 orang calon pengusaha.

Masalah utama di kelompok tani budidaya itik petelur adalah : (1) tidak memiliki modal dana untuk memulai usaha budidaya itik petelur, (2) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya itik petelur, (3) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan membuat pakan dari limbah udang, (4) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan manajemen  usaha  budidaya  itik  petelur,            dan  (5)  belum  memiliki  pengetahuan  dan ketrampilan organisasi usaha bersama.

Masalah utama di kelompok tani pembuat telur asin adalah : (1) tidak memiliki modal dana untuk memulai usaha pembuatan telur asin rasa udang rendah kolesterol, (2) belum memiliki  pengetahuan  dan  ketrampilan  dalam  pembuatan  telur  asin  rasa  udang  rendah

kolesterol, (3) belum memiliki pengetahuan dan ketrampilan manajemen usaha pembuatan telur  asin  rasa  udang  rendah  kolesterol,                                              dan  (5)  belum  memiliki  pengetahuan  dan ketrampilan organisasi usaha bersama.

Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan IbM ini adalah memberdayakan kelompok  budidaya itik petelur melalui (1) Pelatihan kepada anggota dua kelompok dalam aspek priduksi dan aspek manajemen, (2) Membuat demplot kandang itik petelur, dan (3) Pendampingan budidaya dan pendampingan pembuatan telur asin.

Kegiatan yang dilakukan adalah (1) Pelatihan budidaya itik petelur, pelatihan pembuatan pakan limbah udang, pelatihan pembuatan telur asin rasa udang rendah kolesterol, pelatihan administrasi usaha, pelatihan pemasaran telur asin rasa udang rendah kolesterol, dan pelatihan organisasi kelompok usaha,            (2) Demplot kandang budidaya itik petelur,(3) Pendampingan budidaya itik petelur dan pendampingan pembuatan     telur asin rasa udang rendah kolesterol.

Luaran program IbM ini adalah produk telur itik, pakan tepung limbah udang, produk itik afkir,  produk telur asin rasa udang rendah kolesterol, bahan-bahan pelatihan, organisasi kelompok usaha bersama, dan artikel karya ilmiah pengabdian masyarakat.

Keywords


Telur Asin, Rendah Kolesterol

Full Text:

PDF

References


Abun. 2009. Pengolahan Limbah Udang Windu Secara Kimiawi Dengan NaOH dan H2SO4 Terhadap Protein dan Mineral Terlarut. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Anonima. 2008. Limbah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Sumatra Utara. Medan.

Harnentis. 2004. Pengaruh Lama Fermentasi Limbah

Udang dengan Effective Micro organism 4(EM4) terhadap Kuatitas dan Kualitas Tepung Limbah Udang. Laporan Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Andalas ,Padang.

Inpres No: 6 tahun 2009, Tentang Ekonomi Kreatif

Kementerian Perdagangan Indonesia 2011, Pengembangan Ekonomi Kreatif, Jakarta

Mirzah,Yumaihana dan Filawati. 2006, Pemakaian Tepung Limbah Udang Hasil Olahan Sebagai Pengganti Tepung Ikan Dalam Ransum Ayam Broiler. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang. Sumatra Barat.

Mirzah. 2007.Penggunaan Tepung Limbah Udang yang Diolah dengan Filtrat Air Abu Sekam dalam Ransum Ayam Broiler. Media Peternakan, Desember2007, hlm. 189-197,ISSN 0126-0472, Vol. 30 No. 3. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang. SumatraBarat.

Mahata, M.E. 2007. Perbaikan kualitas gizi limbah udang sebagai pakan unggas melalui hidrolisis enzim kitosanase dan kitinase dari bacterium Serratia marcescens. Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Andalas, Padang.

Purwatiningsih.1990.Isolasi Khitin dan Komposisi Kimia dari Limbah Udang Windu.Tesis Pascasarjana. ITB.Bandung.

Sedarmayanti, 2005, Membangunan Pariwisata dan Kebudayaan. Mandar Maju. Bandung

(http://cybex.pertanian.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.