Pemberdayaan Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) Melalui Pelatihan Teknik Ecoprint Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Kemandirian

M. Denu Poyo

Abstract


Pemberdayaan merupakan salah satu strategi pembangunan untuk meningkatkan kreatifitas, khususnya bagi kaum difabel yang diberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan untuk hidup mandiri. Pengabdian ini bertujuan untuk pemberdayaan kepad yang dilakukan kepada Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) yang berada di Gotong Royong, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, melalui pengabdian masyarakat yaitu Pemberdayaan Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) Lampung Melalui Pelatihan Teknik Ecoprint Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Kemandirian.

Dalam pengabdian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Dengan penggunaan metode tersebut maka masyarakat dapat merasakan secara langsung upaya yang akan dilakukan dan hasil yang hendak tercapai. Masyarakat dilibatkan secara aktif dalam pengabdian ini dan terjalinnya kerjasama yang baik antara Dosen Universitas Bandar Lampung bersama Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) dalam penyampaian materi pengabdian serta praktik secara langsung sehingga hasil yang hendak dicapai dapat terealisasi dengan baik.

Hasil dari pengabdian kepada Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) yang ada di Gotong Royong, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan diadakannya pengabdian ini, masyarakat menjadi paham dan mengetahui teknik ecoprint, dan dapat membuka peluang usaha bagi Komunitas Sahabat Difabel Lampung (SADILA) dan dapat meningkatkan kesejahteraan teman teman penyandang disabilitas.


Keywords


Pemberdayaan, Sadila, Disabilitas, Ecoprint, Hapa zome, Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aesah, S., Harsono, Y., & Jaswita, D. I. (2020). Pemberdayaan Difabel Melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Di Desa Kediri, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Derivatif: Jurnal Manajemen, 14(2).

Amaliah, Ledia Hanifa, 2016. Dari Disabilitas Pembangunan Menuju Pembangunan Disabilitas, Jakarta: Beebooks Publishing.

Damsar, 2002:57. Damsar. (2015). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta PRENADAMEDIA.

Dara, A. K. (2015). Analisis Prinsip Ekonomi Islam terhadap Pemberdayaan Tenaga Kerja Difabel: Studi Kasus pada Anggrek Karya Cacat Berkreasi di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Dikrul, M. (2016). Pemberdayaan Kesehatan Pengrajin Keramik Mozaik di desa Campurdarat kecamatan Campurdarat kabupaten Tulungagung. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Edi Soeharto (2004) Metodeologi PengembanganEkonomi Masyarakat. Jakarta, Jurnal Comdev

Huraerah, Abu. 2008. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora

Istifarroh, & Nugroho, W. C. (2019). Perlindungan Hak Disabilitas Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Swasta dan Perusahaan Milik Negara. Mimbar Keadlian, 12(1), 21-34.

Kartasasmitha Ginandjar, 1996, Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan, Jakarta: PT Pusaka Cisendo.

Moelong (2012) Metode Penelitian Kualitatif.Bandung, Rosda Karya

Putera, R. E. (2007). Analisis terhadap Program-program Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Demokrasi, 6(1), 37 61

Suharto, Edi, 2014. Membangun MasyarakatMemberdayakan Rakyat, Bandung: PT Refika Raditama

Suparlan, P. (1984). Kemiskinan Di Perkotaan, Bacaan untuk Antropologi Perkotaan.

Jakarta: Sinar Harapan dan Yayasan Obor Indonesia.

Susilawati, Ika, 2016. “Pemberdayaan Masyarakat MiskinPenyandang Disabilitas Melalui PengembanganIndustri Kreatif “Limbah Singkong” Di KabupatenPonorogo”. Jurnal Lentera, Vol. 14 No. 2.

Pribadi, D. L. (2013). Modifikasi Motor Di Kalangan Remaja Sekolah Menengah Atas Negeri Karanganyar. Fakultas Teknik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Restanti, R. W., & Husain, T. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. MABISKA Journal, 3(1).

Wijayanto, H. (2015). Pemberdayaan Difabel dalam Pelaksanaan Program Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 1(2),43-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.