MENUJU SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BERDAYA DAN STRATEGI BERSAING

Supriyanto SUPRIYANTO, azima dimyati

Abstract


Dengan strategi kompetitif/bersaing, selain mereka akan memperoleh keungulan bersaing di pasar, sekaligus juga akan mendapatkan keunggulan komparatif di masyarakat/pasar. Dengan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya dan memperhatikan strategi bersaing, organisasi bisnis baik yang mikro, kecil, menengah maupun besar, selain akan memiliki keunggulan komparatif juga akan dapat mencapai keunggulan kompetitif. Strategi Kompetitif organisasi bisnis dapat berbeda dalam banyak cara, termasuk tingkat penekanan inovasi, peningkatan mutu dan pengurangan biaya.Keunggulan komparatif terjadi bila keunggulan perusahaan kita lebih besar dari keunggulan perusahaan pesaing. Sedangkan, Keunggulan kompetitif akan terjadi, bila kenggulan perusahaan lebih besar dari ketidakunggulan perusahaan. Keungulan diwujudkan dalam bentuk keuntungan, manfaat, kegunaan atau laba dan lain-lain. Sedangkan ketidakunggulannya bisa dalam bentuk biaya, rugi, input atau yang sejenis dengan itu.Melalui strategi bersaing yang didukung oleh SDM yang berdaya organisasi bisnis akan dapat menjaga kelangsungan hidupnya, yakni: efektif, efisien dan ekspansif. Sedangkan esensi strategi bersaing yang dapat diaplikasikan oleh/dala organisasi bisnis dapat berbetuk strategi inovatif, peningkatan mutu dan pengurangan biaya.


Keywords


Strategi Inovatif, Strategi kuatitas, Strategi Biaya.

Full Text:

PDF

References


Atmosuprapto, Kisdarto, 2002, Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien, PT. Elex Media Komputindo, Gramedia, Jakarta.

Prosiding, 1993, Hasil Seminar Nasional Materi Kurikulum Pendidikan/Pelatihan, Kewirausahaan Koperasi, IKOPIN, Jatinangor, Bandung, Jawa Barat.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani, Sagala, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Dari Teori ke Praktik, Edisi kedua, Rajaeawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Simamora, Henry, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III, STIE YKPN, Yogyakarta.

Supriyanto, 2019, Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi, Era Global dan Orde Reformasi, Pustaka Media, Bandar Lampung.

…………., 2018, Kewirausahaan, Solusi Memasuki Dunia Kerja, Bisnis, Koperasi dan Birokrasi, AURA Publising, CV. Anugerah Utama Raharja, Bandar Lampung.

………….., 2019, Pengantar Studi Ilmu Administrasi Bisnis, UBL press, Bandar Lampung, Lampung.

………….., 2019, Metode Riset Bisnis, Teori dan Praktik, Edisi 2, PT. Indeks, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.