PEMAHAMAN TENTANG PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PERUSAHAAN KECIL

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Pelaksanaan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan kecil umumnya tidak sempurna.Aspek ini pada usaha kecil sering kali semrawut dan tidak sistimatis. Para wirausahawan sibuk menjual dan memasarkan produk hingga mereka hanya memberikan sedikit perhatian atau tidak sama sekali. Akibatnya, pendekatan yang tidak terencana dalam mendapatkan, memanfaatkan, dan memelihara serta mengembangkan individu dalam organisasi bisnis menjadi stagnan. Dengan diabaikannya sebagian fungsi wirausahawan ini mengakibatkan munculnya masalah-masalah sumber daya manusia (SDM) dalam usaha kecil, seperti: Memilih dan Mengangkat tenaga kerja,Mengembangkan tenaga kerja, Mempertahankan dan memanfaatkan tenaga kerja serta menciptakan hubungan antar manusia dengan baik. Perusahaan kecil banyak kehilangan peluang untuk peningkatan efektivitas dengan menjalankan fungsi personalia  yang kurang ketat dan tidak formal.


Keywords


Pengadaan, Pemeliharaan, Pengembangan dan Pemberhentian pegawai

Full Text:

PDF

References


Adosoeprapto, Krisdarto, 2002, Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Daft, Richard L, 2010, Era Baru Manajemen, New Era of Management, Penerbit Salema Empat dan Cengage Learning, Jakarta

Dessler, Garry, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Human Resource Management 7e, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

------------, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Human Resource Management 7e, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Prosiding, 1993, Hasil Seminar Nasional, Materi Kurikulum Pendidikan/Pelatihan, Kewirausahaan Koperasi, Ikopin, Jatinangor, Badung Jawa Barat.

Rivai, Veithzal, dan Sagala, Ella Jauvani, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Dari Teori ke Praktek, Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Supriyanto, 2016, Retrospektif Ilmu Administrasi Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta

-------------, 2018, Teori Administrasi, Organisasi dan Manajemen serta Kepemimpinan, Pusaka Media, Bandar Lampung.

Simamora, Henry, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit STIE YKPN, Yogyakarta.

Winardi, 2003, Teori Organisasi dan Pengorganisasian, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.