PENYULUHAN HIDUP SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Azima Dimyati

Abstract


Gaya hidup sehat sebaiknya harus diterapkan di usia dini demi menekan risiko masalah kesehatan. Sudah tentu semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat.Menjaga kesehatanpun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Pola hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan.

Target yang akan di capai adalah dengan virus corona ini diharapkan tidak adanya gangguan kesehatan mentalyang terjadi selama pandemik yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari. Diharapkan tidak terjadi hal-hal yang buruk yang berdampak pada orang yang telah memiliki masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan umum, namun juga dapat memengaruhi orang yang sehat secara fisik dan mental.

Sedangkan luaran yang diharapkan hendaknya melakukan aktivitas jasmani yang benar dan dalam waktu yang tepat dapat membuat tubuh menjadi bugar. Komponen kebugaran jasmani adalah faktor penentu derajat kondisi setiap individu.  Selalu menjalankan pola hidup sehat merupakan upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara mengikuti mengikuti  seminar-seminar tentang bagaimana menjalankan hidup sehat di masa pandemic covid-19 ini agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat. Mengikuti workshop-workshop yang dilakukan oleh lembaga-lembaka atau organisasi-organisasi lainya tentangbagaimana hidup sehat di masa pandemic covid-19 dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat yaitu dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga/melakukan aktivitas fisik secara teratur, memberantas jentik nyamuk,


Keywords


Sehat, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Djoko Pekik Irianto. (2000). Panduan Latihan Kebugaran yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: LukmanOffset.140 Jendela Olahraga, Volume 05, No. 02, Bulan Juli, hal. 131-140.

Edo Prasetio, dkk. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indkes Masa Tubuh pada Siswa SMPNegeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. 1, (2). 86-91.Bengkulu: Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. (2020). Jakarta: Badan Nasional PenangulanganBencana.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (covid 19) revisi ke-4. Jakarta : Direktorat Jenderal Pencegahan danPengendalian Penyakit.

Nanang Sudrajat. (2004). Pendidikan Jasmani. Bandung. PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Suharjana. (2013). Kebugaran jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.