PERANAN MANAJEMEN STRATEGI PEBELAJARAN DI SMKN 9 PROVINSI LAMPUNG

Toton TOTON

Abstract


“Peranan  Manajemen  Strategi  Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Bandar Lampung”(Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung Toton,SE.M.Si.) istilah strategi digunakan di dunia militer yang diartikan sebagai penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Seorang yang berperan dalam mengatur strategi, untuk memenangkan peperangan sebelum melakukan tindakan, ia akan menimbangkan bagaimana kekuatan pasukan yang dimilikinya baik dilihat dari kuantitas maupun kualitas. Misalnya kemampuan setiap personal, jumlah kekuatan persenjataan, motivasi paukannya, dan lain sebagainya. Selanjutnya ia juga akan mengumpulkan informasi tentang kekuatan lawan, baik jumlah perajuritnya maupun keadaan persenjataannya. Setelah semua diketahui, baru kemudian dia akan menyusun tindakan yang harus dilakukannya, baik tentang sisasat peperangan yang akan dilakukan, taktik dan teknik peperangan, maupun waktu yang pas untuk melakukan serangan, dan lain sebagainya. Dengan demikian dalam menyusun strategi perlu memperhitungkan berbagai faktor, baik ke dalam maupun keluar Diskusi kelas atau juga disebut dengan diskusi kelompok adalah peroses pemecahan masalah yang dilakukan oleh seluruh siswa sebagai peserta diskusi. Prosedur yang digunakan dalam jenis diskusi ini adalah; pertama, guru membagi tugas sebagai pelaksana diskusi, misalnya siapa yang akan menjadi moderator, siapa yang akan menjadi penulis. Kedua sumber maslaah (guru siswa atau ahli tertentu dari luar) memaparkan masalah yang harus dipecahkan selama 10-15 menit. Ketiga siswa diberi kesempatan untuk menanggapi permasalahan setelah mendaftar pada moderator, keempat sumber masalah memberi tanggapan, dan kelima moderator menyimpulkan hasil.

Diskusi kelompok kecil dibagi dilakukan dengan membagi siswa dlam kelompok kelompok. Jumlah anggota kelompok 3-5 orang. Elaksanaanya dilakukan dengan guru menyajiakn permasalahan secara umum, kemudian masalah tersebut dibagi kedalam sub sub masalah yang harus dipeccahkan oleh setiap kleompok kcil. Selesai diskusi dalam kelompok kecil, ketua menyajikan hasil diskusinya

Symposium adalah suatu metode belajar dengan membahas suatu permasalahan dipandang dari berbagai macam sudut pandang berdasarkan keahlian. Symposium diberikan untuk memberikan wawasan yang luas kepada siswa. Setelah para penyaji memberikan pandanganya tentang masalah yang dibahas, maka symposium diakhiri dengan membaca kesimpulan hasil kerja tim perumus yang telah ditentukan sebelumnya, dan lain sebagainya.

Keywords


Strategi Pembelajaran , Diskusi, Syposium

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan (bagi Anak berkesulitan belajar) Jakarta : Rineka Cipta., 2003.

Ali, Mohammad, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung ; Pedagogianan Press.2007.

Atmodiwirio, Soebagio , Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta ; Ardadizya jaya 2000.

Djamarah , Syaipul, Psikologi Belajar , Jakarta; Reneka Cipta,2002

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung ,Remaja Rosdakarya,1996.

Gafar, Irfan Abdul, & Jamil,Muhammad,Re-formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

,Jakarta ; Nur Insani, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.