pelatihan dan penyuluhan tentang "Teknologi Penggunaan clan Perawatan Mesin Pendingin Bahan Makanan" di Kampung Sri Menanti-Kecamatan Negara Batin-Kabupaten Way Kanan.

Zein Muhammad

Abstract


Mesin Pendingin bahan makanan dahulu lebih dikenal dengan namanya lemari es (kulkas maupun freezer), dan merupakan barang mewah karena disamping harganya mahal, pemakaian listriknya besar; selain itu masih jarang pula untuk di jumpai di pasar.  Serta hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Namun, saat ini kulkas telah dapat dirancang dan dapat bekerja dengan aman, mudah perawatannya, penggunaan listriknya kecil serta harganya relatif murah sehingga dapat dimiliki oleh hampir semua kalangan masyarakat.

Penggunaan mesin pendingin ini terutama dimaksudkan untuk mengawetkan makanan, agar makanan yang telah disimpan  dapat dimakan dalam jangka waktu yang relatif lama.   Meskipun demikian dikalangan masyarakat Indonesia proses pengawetan makanan dengan cara yang berbeda sering kita jumpai seperti; dengan cara diasapkan, dikeringkan, diasinkan dan didinginkan dalam lemari sebuah mesin pendingin.

Tujuan mendinginkan bahan makanan dengan menggunakan mesin pendingin diantaranya adalah:

1.  Agar dapat menyimpan makanan lebih lama dalam keadaan tetap baik

2.  Membuat buah dan minuman lebih enak rasanya

3.  Untuk menyimpan bahan kimia

4.  Untuk membuat es

Karena saat ini mesin pendingin (kulkas maupun freezer) juga telah digunakan oleh hampir segenap lapisan mesyarakat, mulai dari masyarakat perkotaan sampai pada masyarakat yang berada di pedesaan, maka kepada para masyarakat pengguna perlu

disampaikan informasi-informasi yang berguna dalam menggunakan mesin pendingin tersebut; seperti bagaimana menyimpan bahan makan dalam, mematikan dan menghidupkan mesin secara baik dan aman, membersihkan dan lain sebagainya,  agar daya guna maupun umur pakainya dapat lebih lama / dipertahankan.


Keywords


Teknologi, Mesin Pendingin

Full Text:

PDF

References


. Edwin P. Anderson,1970; Refrigeration and Air Conditioning Guide –I, Home

Refrigeration and Air Conditioning, D.B. Taraperovala Sons and Coperative Ltd.

Handoko K; Teknik Memilih, Memakai, Memperbaiki Lemari Es; PT. Ichtiar Baru

Jakarta, 1981.

Richard C. Jordan and Gayle B. Priester; Refrigeration and Air Conditioning

Secod Edition, Printice Hall of India, 1985.

Sumanto, Drs. MA; Dasar-dasar Mesin Pendingin, Andy Jogyakarta, 2004.

Wiranto Arismunandar dan Haizo Saito, Penyegaran Udara, Pradnya Paramita

Jakarta, 1981


Refbacks

  • There are currently no refbacks.