PENYULUHAN TENTANG CARA PENCEGAHAN VIRUS CORONA

Azima Dimyati

Abstract


Corona virus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya.Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Beberapa fungsi keluarga yang harus dipenuhi untuk mencapai kesehatan seluruh anggota keluarga dari wabah Covid-19 yaitu:Fungsi afeksi; merupakan fungsi keluarga untuk memberikan kenyamanan emosional bagi anggota keluarga dan melindungi seluruh anggota keluarga dari stres. 2.Fungsi sosialisasi; merupakan fungsi keluarga sebagai guru untuk menanamkan kepecayaan, nilai, sikap dan pentunjuk penyelesaian masalah. 3.Fungsi pemiliharaan kesehatan; merupakan fungsi keluarga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh angggota keluarga agar bebas dari suatu penyakit.

        Sedangkan luaran yang diharapkan adalah1.Hendaknya anggota keluarga saling mengingatkan dan memberi teladan dalam perilaku hidup bersih dan sehat. 2.Pemenuhan gizi seimbang juga sangat penting. Gizi seimbang tidak harus mahal. Banyak sayur dan buah yang murah meriah. Pilih sayur dan buah yang sedang musim sehingga lebih mudah didapat dengan harga lebih terjangkau. 3.Meningkatkan ibadah di rumah sangat penting. Hal ini akan meningkatkan ketenangan jiwa dan mereduksi perasaan cemas.

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan caracuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik, atau pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol.Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci atau yang belum dicuci.Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit.Tinggal di rumah jika sedang sakit. Gunakan masker dan bersihkan permukaan yang sempat disentuh.


Keywords


Pencegahan dan Virus Corona

Full Text:

PDF

References


https://www.liputan6.com/bola/read/4218452/5-alasan-virus-corona-covid-19-berbahaya-tetap-waspada

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengantar_tentang_virus

https://republika.co.id/berita/q7nji6396/dampak-covid19-pada-ekonomi-dan-keuangan-keluarga-kita

https://www.suara.com/health/2020/03/20/185500/5-sisi-positif-wabah-virus-corona-covid-19-salah-satunya-kerjasama-dunia

https://www.lampost.co/berita-apa-saja-dampak-yang-ditimbulkan-covid-19.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.