ANALISIS KARAKTER MANDIRI, ETOS KERJA DAN KREATIF PADA ERA GLOBALISASI DI SMK N 3 BANDAR LAMPUNG

Toton TOTON

Abstract


ANALISIS  KARAKTER  MANDIRI ,  ETOS KERJA DAN KREATIF  PADA  ERA GLOBALISASI DI  SMK N 3  BANDAR LAMPUNG(Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung, Toton, SE. M.Si)Tantangan era globalisasi kedepannya sangat besar. Kamu sebagai generasi masa depan bangsa membutuhkan prilaku yang selalu bisa beradaptasi sesuai perkembangan. Prilaku mandiri dapat dibentuk dengan selalu belajar dan berusaha meningkatkan mental dan kemampuan diri. Dengan pribadi yang kuat dan kemampuan diri yang mempuni diharapkan segala permasalahan dapat secara bijaksana diselesaikan dengan baik. Coba kamu bayangkan apa jadinya jika semua permasalahan yang harus diselesaikan bergantung pada orang lain. Jika tidak ada orang tersebut maka masalah akan semakin menumpuk, jiwa menjadi labil, dan akhirnya muncul prilaku-prilaku yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain, seperti : memakai narkoba, pergaulan seks bebas, perkelahian, kejahatan, bahkan mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Tentu prilaku itu tidak akan terjadi jika hidup terbiasa mandiri dan memiliki mental pribadi yang kuat.

Etos dibentuk oleh berbagai kebiasaan, pengaruh, budaya, serta system nilai yang diyakininya. Dari kata etos ini, dikenal pula kata etika yang hamper mendekati pada pengertian dengan akhlak atau nilai-nilai yang berkaitan dengan baik dan buruknya moral, sehingga dalam etos tersebut terkandung gairah atau semangat yang amat kuat untuk mengerjakan sesuatu

etos tersebut terkandung gairah atau semangat yang amat kuat untuk mengerjakan sesuatu secara optimal, lebih baik, dan bahkan berupaya untuk mencapai kualitas kerja yang sesempurna mungkin.    Kreatif merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam memecahkan suatu masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). Inovasi merupakan kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam memecahkan suatu masalah dan menemukan peluang (doing new thing).


Keywords


mandiri ; Etos Kerja, Kreatif

Full Text:

PDF

References


Endah, Alberthine.2017. The passion my life: ciputra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Erlangga, Yugha.2014. Panduan anti korupsi untuk siswa menciptakan budaya antikorupsi disekolah.Jakarta: Esensi (Erlangga Group).

Hakim, Abdul.2014.Tri Risma Hari ini Jakarta: Change.

Fahmi, Punto Ali.2017.Bob Sadino: Kisah, Perjuangan dan Inspirasi. Yogyakarta: Checklist.

Humas.2017. ”Inilah Pelaksana dan Penanggung Jawab Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter”. Sekertariat Kabinet Republik Indonesia, 6 September 2017.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum 2010. “Pedoman Sekolah: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”. Kemendikbud.

Mubarok, Ahmad dan Loula Maretta.2007. Seri bacaan “Akhlak Mulia Meraih Kesuksesan”. Jakarta: Wahana Aksara Prima.

Mujib, Izudin Irsam (ed) dan Asep Ginanjar (ed). “Belajar Integeritas Pada Tokoh Bangsa”. Komisi Pemberantasan Korupsi, 2014.

Putra, Andri Rizki. 2014. “Orang Jujur Tidak Sekolah”. Yogyakarta: Bentang Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.