PENYULUHAN PENTINGNYA PERAN IBU DALAM KELUARGA

Azima Dimyati

Abstract


Ibu memegang peran penting didalam keluarga terutama bagi ibu-ibu yang bekerja diluar rumah tangga akan banyak menghabiskan waktunya ditempat kerja, ternyata seorang ibu bukan hanya mampu bekerja disektor domestik tetapi juga disektor publik dalam rangka membantu mensejahterakan ekonomi keluarganya.Ibu bukan saja menjadi tempat bernaung yang harus dihormati dan menjadi contoh bagi anak-anaknya namun ibu juga harus mampu menjadi mitra anak sehingga kadangkala ibu harus siap menjadi pendengar yang baik dan setia untukmemberikan kenyamanandan ketentraman bagi anak.

Target yang akan di capai adalah diharapkan dengan adanya peran ibu dalam keluarga diharapkan anak dapat menjadi teman ketika berbicara mengenai pendidikan anak, dimana seorang ibu bisa membiasakan diri untuk menjadi teman anak-anak dalam belajar. Diharapkan ibu dapat merangkul anak dengan kasih sayang mungkin terdengar mudah, namun kenyataanya bahkan hingga anak dewasa dan telah meninggalkan keluarga inti untuk menikah, banyak keluarga yang tidak bisa saling merangkul. Terutama jika mereka terbentur masalah keluarga seperti merawat orang tua atau masalah warisan dan harta.Diharapkan denga adanya peran ibu dalam keluarga dapat mengawasi dengan baik semua kegiatan yang dilakukan oleh anak dalam belajar dan bermasyarakat dan batasan yang jelas tampa menyebabkan kerugian pada pergaulan dan perkembangan anak dikarenakan adanya pengawasan yang berlebihan.

Sedangkan luaran yang diharapkan adalah Peran ayah : Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung, dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.Peran ibu : Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.Peran anak : Anak-anak melaksanakan peranan psikososial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial dan spiritual.

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara mengikuti mengikuti seminar-seminar tentang peranan ibu dalam keluarga. Bagaimana seorang ibu dalam mendidik keluarganya menjadi keluarga yang mempunyai moral, iman, intelektual dan berhasil di masyarakat. Ibu dapat menjadi seorang yang memenuhi kebutuhan anak, sebagai suri tauladan dan ibu sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan kehidupan anak.Mengikuti workshop-workshop yang dilakukan oleh lembaga-lembaka atau organisasi-organisasi kewanitaan, mengikuti kajian-kajian tentang peran ibu dalam membimbin rumah tangganya menjadi keluarga yang bahagia, harmonis dan sejahtera

Keywords


Peran Ibu dan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Hawari, Dadang,1996,Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa,Yogyakarta: Dana Prima Yasa

Khairuddin, H, 2002,Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Kuswardinah, Asih. 2007,Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Semarang: UNNES Press.

Nasrul, Effendy, 1998,Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Jakarta : EGC.

Pudjiwati, Sayogyo, 1997,Peranan Wanita Dalam Perkembangan Masyarakat Desa, Jakarta: CV Rajawali.

Soekanto, Soerjono. 2004,Sosiologi Keluarga (Tentang ikhwal keluarga, dan anak), Jakarta: CV. Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.