PEMAHAMAN DAN MOTIVASI TENTANG PEMILIHAN DAN PENDIRIAN ORGANISASI BISNIS

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Bisnis lahir dari sebuah gagasan, mengenali peluang bisnis juga timbul dari sebuah gagasan. Calon bisnismen sebelum memulai bisnis hal penting yang harus diketahui adalah memahami diri sendiri. Dengan memahami dan mengenali potensi diri akan timbul pikiran yang dapat melahirkan gagasan-gagasan bisnis dan akhirnya dapat membedakan gagasan mana yang dapat membimbingnya untuk memperoleh peluang bisnis di masyarakat. Dalam proses ini calon wirausaha harus tetap waspada dan berfikiran terbuka bahwa tidak mudah untuk menemukan peluang bisnis “Hanya sedikit orang yang dapat mengenali peluang bisnis karena peluang tersebut sering disamarkan sebagai pekerjaan yang berat” Gagasan atau idea baru yang harus dicetuskan seorang calon wirausaha diantaranya adalah kreatif untuk memilih atau menjadi pengusaha pelopor. Pengusaha pelopor adalah mereka yang mampu menciptakan hal-hal baru/menjadi pembaharu dalam menghasilkan barang, jasa atau fasilitas baru untuk dijual atau disewagunakan pada masyarakat/pasar. Dalam memilih atau mendirikan bidang bisnis, apakah bidang industri, perdagangan atau jasa komersial seorang calon wirausaha harus mampu bertindak dan berfikir rasional. Tindakan ini dilakukan tidak lain agar bidang bisnis yang dipilih dapat menghasilkan keuntungan maksimal atau sebanding dengan modal yang ditanamkan. Pertimbangan yang harus diperhatikan dalam menanamkan modal yaitu: memikirkan bidamg bisnis yang dapat diciptakan dan menentukan tempat/lokasi yang tepat sesuai dengan jenis kegiatan/bisnis yang dilaksanakan/dipilih. Dalam memikirkan biaya atau menentukan lokasi berarti seorang calon wirausaha dituntut mampu/jeli memilih dan menentukan segala sesuatu terutama bila dihubungkan dengan biaya dan tujuan organisasi.


Keywords


Pengusaha Pelopor, Bentuk Hukum dan Letak/lokasi Organisasi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2007), Kewirausahaan, untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta, Bandung.

Alfabeta, 2007, Bunga Rampai strategic, Manajemen Bisnis, Berbasis Hasil Penelitian, Bandung.

Buku Pegangan Kewirausahaan, (1994), UPT- Penerbitan IKOPIN, Sumedang.

DP2M (2008), Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan, Panduan Pengelolaan Program Hibah DP2M, Ditjen Dikti, Edisi Tujuh.

Catherine De Vrye (2001), Good Service is Good Business, The Seven Screet of Service Success, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Fandy Ciptono, 1997, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hidayat, 1997, Profil Pengusaha Eceran Indonesia dan peluang serta kendala dalam Menghadapi Era Globalisasi, Makalah Seminar.

Husein Umar (2008), Strategic Managemen in Action, Gramedia Puataka Utama, Jakarta.

Jocken Ropke, 1992, Cooperative Entrepeneurship, Entrepreneurial Diamics and Their Promotion in Self-helf Organization, Marburg Consult, Germany.

Jocken Ropke, 1992, Strategic Management of Slf-helf Organization, Marburg Consult Germany.

Jocken Ropke (1999), The Economic Theory of Cooperatives, Marbur, Germany.

Kadarisman, Hudiono, (l996), Pola Inkubator, Pengentasan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi, PT Ibec dan Psac, Jakarta.

Kisdarto Atmosoeprapto, (2002)., Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Mnajemen Efisien, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kisdarto Atmosoeprapto, 2000, Produktivitas, Aktualisasi Budaya Perusahaan,

PT.Elex Media Komputindo, Kelompok Gamedia – Jakarta

Lee, Myun W, (1996), Mari Menciptakan Teori W Gaya Manajemen Korea (Let’s Make W Theory), Terjemahan Chong Van Son, Andi Offset, Yogyakarta.

Meridith, Geoffrey G, et.al, (1992), Kewirausahaan Teori dan Praktek, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Phillip Kotler (2001), Marketing Management, Analysis, Planning, Implementati on and Control, Prentice Hall, International Inc.

Prayudi Admosudirdjo, (1982)., Dasar-dasar Administrasi Niaga (Pengantar Sudy Business Administration), Ghalia Indonesia.

Prawirokusumo, Suharto, (1997), Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Wirausaha Tangguh, Makalah seminar, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil seminar Nasional, (1995), Kewirausahaan Koperasi, IKOPIN, Sumedang.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, (1996), Internalisasi Program Inkubator Bisnis, dalam Pembinaan U KM dan Koperasi, PIBI-IPB, Bogor.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, (1997), Pengembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan di Lingkungan Perguruan Tinggi, PIBI-IKOPIN, Sumedang.

Stanton, William J, Michell J. Etzel, and Bruse J. Walker, 1994, Fundamentals of Marketing, 9th edition, Mc Graw Hill, Inc.

Supriyanto (2019), Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi Era Global dan Reformasi, Pustaka Media, Bandar Lampung.

----------- (2016), Restrospektif Ilmu Adminisrasi Bisnis, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Tan Tjong Sian (1984/1985), Pengantar Administrasi Niaga, Dep.Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.