PENGEMBANGAN PRODUK BAGI KELOMPOK PENGRAJIN EMPING MELINJO DIKAMPUNG KEDAUNG KEL. SUKAMAJUKEC. TELUKBETUNGTIMUR BANDARLAMPUNG

Sapmaya Wulan, Hepiana Patmarina, Ardansyah Ardansyah

Abstract


Emping merupakan salah satucamilan yang sangat digemari oleh masyarakat. Makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan melinjo ini disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Emping memiliki rasa sangat gurih dalam bahan utamanya. Emping di buat dengan makanan yang menyerupai kerupuk. Saat digigit emping akan berasa sangat renyah dan gurih. Dengan bentuk yang tipis atau pun tebal, emping memang menjadi salah satu camilan yang enak juga menjadi teman makan masakan berkuah seperti bakso ataupun mie ayam. Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat peluang usaha untuk emping pedas manis, kami membahas mengenai seluk beluk, prospek, dan juga analisa usaha emping pedas manis. Berbicara mengenai emping pedas manis tentu masih jarang usaha ini yang kini beterbaran di masyarakat. Hal ini tentu akan dapat membuka peluang dari usaha emping pedas manis akan semakin cerah dan sangat menguntungkan. Camilan dari melinjo yang terbilang laku keras dan sangat disukai oleh pasar begitupun dengan emping pedas manis di mana hadirnya makanan tersebut dalam usaha camilan akan lebih diterima masyarakat dengaan sambutan yang sangat positif. Peluang untuk usaha emping pedas manis menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan dapat dijadikan pilihan usaha menjanjikan. Perlu juga diketahui analisa usaha emping pedas manis supaya lebih mengenal dan juga tahu berapakah anggaran biaya yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut. Analisa usaha emping pedas manis begitu sangat penting dibutuhkan sebagai suatu gambaran bila mana akan menjalanka nusaha emping pedas manis supaya tidak menemui kendala. Berapakah keperluan modal biaya yang diperlukan dan juga hasil laba yang didapatkan lewat usaha emping pedas manis tersebut. Dengan cara mengetahui analisa usaha emping pedas manis ini maka usaha yang hendak jalankan dapat berjalan lebih maksimal. Sehingga bisa dideskripsikan apabila usaha emping pedas manis sangat menguntungkan dengan harga nilai jual yang terjangkau. Supaya kembali modal berjualan dari emping pedas manis ini membutuhkan waktu selama 3 bulan. Usaha emping pedas manis ini tidak akan bisa berjalan maksimal dan lancar apabila tidak menggunakan mesin sangrai melinjo dalam membantu kinerjanya.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1998. ProsedurPenelitianSuatuPengantar, Jakarta: RinekaCipta

Asy’arie, Musa. 1997. Islam, Etoskerja dan PemberdayaanEkonomiUmat, Yogyakarta: Lesfi.

Basrowi dan Suwandi, 2008. MemahamiPenelitianKualitatif, Jakarta: RinekaCipta.

Fatimah, Siti. 2006. PemberdayaaKlienDalamPerspektifPekerjaanSosial, DalamJurnal PMI Vol. III No.2, Maret.

Hadi, Sutrisno, 2002. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.

Hak, Miftahul, 2005. UpayaMeningkatkanKesejahteraan Masyarakat MelaluiPendekatanPengembangan Masyarakat Lokal, Jurnal PMI Vol.III No.1, September.

Herdiansyah, Haris, 2010. MetodologiPenelitianKualitatifuntukIlmu-IlmuSosial, Jakarta: SalembaHumanika.

Hikmat, Harry. 2010. StrategiPemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Huda, Miftahul. 2008. PekerjaanSosial dan KesejahteraanSosial. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Ife, Jim & Frank Tesoriero, 2008. Community Development: AlternatifPengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Yogyakarta: PustakaPelajar.

Moleong, Lexy J. 2006. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Mubyarto. 1999. Ekonomi Rakyat & Program IDT. Yogyakarta: Aditya Media.

Muslim, Aziz, 2009. MetodologiPengembangan Masyarakat, Yogyakarta: TERAS.

Rohman, Fatkur, 2009. Model PemberdayaanEkonomi Masyarakat melalui Usaha TernakDombaTanpaRumput, (dalambuku Model-model Pemberdayaan Masyarakat). Yogyakarta: PustakaPesantren.

Suharto, Edi, 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Cet. IV, Bandung: PT RefikaAditama.

Suharyanto, 2005. Motivasi Masyarakat untukPengembanganKewirausahaan (dalambukuDimensi-dimensiMasalahSosial dan Pemberdayaan Masyarakat). Yogyakarta: APMD Press.

Sumanugroho, T. 1987. System IntervensiKesejahteraanSosial, Yogyakarta: PT Harindita.

Suryana, 2000. Ekonomi Pembangunan Problematika dan Pendekatan, Jakarta: SalembaEmpat.

Susanto, 2006. MetodePenelitianSosial, Surakarta: UNS Press.

Zulkarnain, 2003. MembangunEkonomi Rakyat: PersepsitentangPemberdayaan. Yogyakarta: Adicipta.

http://digilib.uin-suka.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.