PENGEMBANGAN PRODUK BAGI KELOMPOK PENGRAJIN EMPING MELINJO DI KELURAHAN SUKAMAJU KECAMATAN TELUK BETUNG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG

Sapmaya Wulan, Hepiana Patmarina, Ardansyah Ardansyah

Abstract


Emping merupakan salah satu camilan yang sangat digemari oleh masyarakat. Makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan melinjo ini disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Emping memiliki rasa sangat gurih dalam bahan utamanya. Emping dibuat dengan makanan yang menyerupai kerupuk. Saat digigit emping akan berasa sangat renyah dan gurih. Dengan bentuk yang tipis ataupun tebal, emping memang menjadi salah satu camilan yang enak juga menjadi teman makan masakan berkuah seperti bakso ataupun mie ayam. Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat peluang usaha untuk emping pedas manis, kami membahas mengenai seluk beluk, prospek, dan juga analisa usaha emping pedas manis. Berbicara mengenai emping pedas manis tentu masih jarang usaha ini yang kini beterbaran di masyarakat. Hal ini tentu akan dapat membuka peluang dari usaha emping pedas manis akan semakin cerah dan sangat menguntungkan. Camilan dari melinjo yang terbilang laku keras dan sangat disukai oleh pasar begitupun dengan emping pedas manis dimana hadirnya makanan tersebut dalam usaha camilan akan lebih diterima masyarakat dengaan sambutan yang sangat positif. Peluang untuk usaha emping pedas manis menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan dapat dijadikan pilihan usaha menjanjikan. Perlu juga diketahui analisa usaha emping pedas manis supaya lebih mengenal dan juga tahu berapakah anggaran biaya yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut. Analisa usaha emping pedas manis begitu sangat penting dibutuhkan sebagai suatu gambaran bilamana akan menjalankan usaha emping pedas manis supaya tidak menemui kendala. Berapakah keperluan modal biaya yang diperlukan dan juga hasil laba yang didapatkan lewat usaha emping pedas manis tersebut. Dengan cara mengetahui analisa usaha emping pedas manis ini maka usaha yang hendak jalankan dapat berjalan lebih maksimal. Sehingga bisa dideskripsikan apabila usaha emping pedas manis sangat menguntungkan dengan harga nilai jual yang terjangkau. Supaya kembali modal berjualan dari emping pedas manis ini membutuhkan waktu selama 3 bulan. Usaha emping pedas manis ini tidak akan bisa berjalan maksimal dan lancar apabila tidak menggunakan mesin sangrai melinjo dalam membantu kinerjanya.

Keywords


Analisis Usaha Bisnis, Pengembangan Produk, Pengrajin Emping Melinjo

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pengantar, Jakarta: Rineka Cipta

Asy’arie, Musa. 1997. Islam, Etos kerja dan Pemberdayaan Ekonomi Umat, Yogyakarta: Lesfi.

Basrowi dan Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Siti. 2006. Pemberdayaa Klien Dalam Perspektif Pekerjaan Sosial, Dalam Jurnal PMI Vol. III No.2, Maret.

Hadi, Sutrisno, 2002. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.

Hak, Miftahul, 2005. Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendekatan Pengembangan Masyarakat Lokal, Jurnal PMI Vol.III No.1, September.

Herdiansyah, Haris, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Hikmat, Harry. 2010. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Huda, Miftahul. 2008. Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ife, Jim & Frank Tesoriero, 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubyarto. 1999. Ekonomi Rakyat & Program IDT. Yogyakarta: Aditya Media.

Muslim, Aziz, 2009. Metodologi Pengembangan Masyarakat, Yogyakarta: TERAS.

Rohman, Fatkur, 2009. Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Usaha Ternak Domba Tanpa Rumput, (dalam buku Model-model Pemberdayaan Masyarakat). Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Suharto, Edi, 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Cet. IV, Bandung: PT Refika Aditama.

Suharyanto, 2005. Motivasi Masyarakat untuk Pengembangan Kewirausahaan (dalam buku Dimensi-dimensi Masalah Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat). Yogyakarta: APMD Press.

Sumanugroho, T. 1987. System Intervensi Kesejahteraan Sosial, Yogyakarta: PT Harindita.

Suryana, 2000. Ekonomi Pembangunan Problematika dan Pendekatan, Jakarta: Salemba Empat.

Susanto, 2006. Metode Penelitian Sosial, Surakarta: UNS Press.

Zulkarnain, 2003. Membangun Ekonomi Rakyat: Persepsi tentang Pemberdayaan. Yogyakarta: Adicipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.