PENYULUHAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Azima Dimyati

Abstract


Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku yangdilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga  dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan   berperan aktif dalamkegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat. Perilaku Hidup Bersih Dan SehaT (PHBS)  merupakan  salah  satu  strategi  yang dapat ditempuh untuk  menghasilkan kemandirian di bidang kesehatan baik pada masyarakat maupun pada  keluarga, artinya  harus ada komunikasi antara kader dengan   keluarga/  masyarakat  untuk  memberikan  informasi  dan   melakukan     pendidikan   kesehatan.

Target yang akan di capai adalah diharapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat tercapainya perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku hidup sehat dan lingkungan sehat, serta  berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Diharapkan terbentuknya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang sesuai dengan konsep hidup sehat baik fisik, mental dan sosial sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Sedangkan luaran yang diharapkan adalah Sasaran primer merupakan sasaran utama dalam rumah tangga yang akan dirubah perilakunya atau anggota keluarga yang bermasalah (individu dalam keluarga yang bermasalah).Sasaran sekunder adalah sasaran yang dapat mempengaruhi individu dalam keluarga yang  bermasalah misalnya, kepala keluarga, ibu, orang tua, tokoh keluarga, kader tokoh agama, tokoh masyarakat, petugas kesehatan dan lintas sektor terkait.Sasaran tersier adalah sasaran yang diharapkan dapat menjadi unsur pembantu dalam atau mendukung pendanaan, kebijakan, dan kegiatan untuk tercapainya  pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) misalnya, kepala desa, lurah, camat, kepala Puskesmas, guru, tokoh masyarakat dll.

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mencakup individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Penyuluhan-penyuluhan kesehatan pada individu dapat dilakukan di rumah sakit, klinik, puskesmas, posyandu, keluarga binaan dan masyarakat binaan. Penyuluhan kesehatan pada keluarga diutamakan pada keluarga resiko tinggi, seperti keluarga yang menderita penyakit menular, keluarga dengan sosial ekonomi rendah, keluarga dengan keadaan gizi yang buruk, keluarga dengan sanitasi lingkungan yang buruk dan sebagainya.masyarakat nelayan, masyarakat pedesaan, masyarakat yang terkena wabah dan lain-lain.


Keywords


Pola Hidup, Bersih dan Sehat

Full Text:

PDF

References


Azwar, Azrul, 2010, Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan, Mutiara Sumber Widya. Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2010), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Entjang, Indan, 2000, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. Ilmu kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar, Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmojo, Soekidjo, 2007, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.