Penyuluhan kewirausahaan: Memberikan motivasi dan pemahaman tentang badan administrator bisnis sebagai wirausaha dib alai pendidikan Yayasan Suara Hati Foundation Tanjung Bintang Lampung Selatan

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Pada saat ini paradigma bisnis telah mengalami perubahan makna yang cukup mendasar serta ruang lingkup yang meliputi fenomena yang luas. Bisnis tidak lagi dinyatakan sebagai sebuah usaha yang berorientasi pada keuntungan finansial semata. Akan tetapi bisnis sudah diterjemahkan sebagai segala aktivitas yang dapat memberikan nilai tambah (added value) bagi komunitas pemakainya. Demikian juga bisnis selain terkait bidang industri, perdagangan dan jasa komersial dalam lingkup BUMS, BUMN dan Koperasi juga sudah merambah pada organisasi nirlaba yang mengutamakan pelayanan (service oriented). Dari perubahan paradigma tersebut tentu banyak memerlukan keberadaan administrator bisnis, aktor business, businessman atau entrepreneurs yang handal, berpikiran luas dan berwawasan global.Bila kita bicara administrator bisnis kita harus mengetahui konsep dasar bisnis, Aministrator bisnis, Pendirian organisasi bisnis, Pengelolaan organisasi bisnis, serta pengembangan organisasi bisnis. Konsep dasar bisnis dapat terdiri: arti bisnis, tujuan bisnis, kegiatan bisnis dan bentuk hukum bisnis.

            Dalam hidup dan kehidupannya setiap orang pasti menginginkan keberhasilan dalam segala hal. Begitu juga bagi seorang administrator bisnis dalam memilih/ mendirikan, menjalankan/mengelola maupun dalam mengembangkan usaha juga pasti menginginkan keberhasilan. Mereka akan selalu berusaha agar segala sesuatunya dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Pada kesempatan ini kita bicara  Siapakah administrator bisnis itu, apa tugas adminitrastor bisnis dan syarat-syarat administrator bisnis yang ideal, bagaimana seharusnya berpikir administrasi bisnis serta apakah kewirausahaan dan wirausaha tersebut.


Keywords


Motivasi, Administrator, Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, (2007), Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Buku Pegangan Kewirausahaan, (1994), UPT-Penerbitan IKOPIN, Sumedang.

DP2M (2012), Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan Panduan Pengelolaan Progran Hibah DP2M, Ditjen P2M, Edisi Dua Belas, Jakarta.

Kadarismon, Hudiono, (1996), Pola Inkubator, Pengentasan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi, Penerbit PT. Ibec dan Psac, Jakarta.

Meridith, Geoffrei G. et al, (1992), Kewirausahaan Teori dan Praktek, Penerbit Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Prosiding, Hasil Seminar Nasional (1996), Internalisasi Program Inkubator Bisnis, dalam Pembinaan UKM dan Koperasi, Penerbit PIBI-IPB, Bogor.

Supriyanto, (2019), Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi Era Global dan orde Reformasi, Penerbit Pustaka Media, Bandar Lampung.

Supriyanto, (2018), Teori Administrasi: Organisasi dan Manajemen serta Kepemimpinan, Penerbit Pustaka Media, Bandar Lampung.

Supriyanto, (2018), Kewirausahaan, Solusi Memasuki Dunia Kerja, Bisnis, Koperasi dan Birokrasi, Penerbit AURA (Anugerah Utama Raharja), Bandar Lampung.

Supriyanto, (2017) Metodologi Riset Bisnis, Tauladan Proposal dan Hasil Penelitian Bidang Bisnis, Penerbit AURA (Anugerah Utama Raharja), Bandar Lampung.

Supriyanto, (2016), Retrospektif Ilmu Administrasi Bisnis, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Supriyanto, (2009), Metodologi Riset Bisnis, Cetakan I, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.