MEMBANGUN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)

M. Achmad Subing

Abstract


Dr. H. M. Achmad Subing, SE,. MSi, Materi Penyuluhan Membangun Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung. Meteri penyuluhan ini di sampaikan kepada perwakilan 40 orang masyarakat selama dua hari pada tanggal 22-23 Oktober 2016 bertempat di Balai Desa Kelurahan Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung.

 

Penyulihan ini bertujuan membangkitkan semangat dan menambah pengetahuan masyatakat dalam berwirausaha dengan membentuk unit-unit usaha Kecil dan Menengah guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

 

Materi Penyuluhan disampaikan dalam bentuk ceramah, Diskusi dan pelatihan yang meliputi : Pengertian UKM, Kreteria dikatakan UKM, Perlunya UKM, Syarat menjadi Pengusaha UKM, Cara memulai UKM yaitu dengan 1. Membuat tujuan  Usaha, mencari  ide  usaha,  menulis  ide  usaha,  mengidentifikasi  ide usaha, menyusun rencana kegiatan dan memulai usaha. Selanjutnya Strategi Untuk Mengembangkan Ukm Yang Dijalankan dengan cara: Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Dirinya, Pelaku UKM Harus Mau Belajar Tentang Management, Pelaku UKM Harus Melakukan Marketing dan Branding (LOGO), Pelaku UKM Harus Mampu Beradaptasi, Pelaku UKM Harus Mampu Berinovasi.

 

Target yang di capai dari hasil penyuluhan ini di harapakan terdapat 50

% dari peserta penyuluhan sebanyak 40 peserta dapat memulai usaha dan mendirikan UKM mandiri sehingga perekonomian keluarga dapat di tingkatkan

Keywords


UKM

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Rangkuti, Freddy (2004), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. (2009), Manajemen Strategis. Andi Offset, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.