PENYULUHAN POMPA DI PT. PURNAMA BOHLER TECHNOLOGI BANDAR LAMPUNG

Kunarto KUNARTO

Abstract


ABSTRAK

 

Kegiatan PPM dengan Judul Penyuluhan/Pelatihan Tentang Pompa sebagai salah satu alternatif kebutuhan industri yang berada di Propinsi Lampung dan Sumatera Selatan yaitu Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Gula.. Penyuluhan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para karyawan PT. Purnama Bohler Technologi dalam hal pompa, terutama dalam perencanaan, pemilihan bahan dan penyebab-penyebab pompa yang tidak berfungsi sehingga nantinya dapat membuat secara mandiri.

Metoda kegiatan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan demontrasi serta praktek dan pembimbingan. Metoda ceramah dan demontrasi digunakan untuk memberikan informasi dan pemahaman peserta hal yang berkaitan dengan teknologi pompa. Adapun praktek dan pembimbingan digunakan untuk memberikan kesempatan berlatih membuat pompa.

Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan menunjukan bahwa dari 10 peserta pelatihan, 8 peserta mencapai kehadiran 100% dan sisanya rata-rata 85% - 95%. Hasil evaluasi juga diketahui, PPM ini diharapkan peserta direkomendasikan untuk mengikuti atau mendapatkan sertifikasi sebagai operati dan meningkatkan skill dari peserta itu sendiri.

 Kata Kunci : Penyuluhan; Pompa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fritz Dietzel. 1988. Turbin, Pompa dan Kompresor. Erlangga, Jakarta.

Haruno Tahara, Sularso. 2000. Pompa dan Kompresor. Pradnya Paramita,Jakarta.

Prawiro, 2003. Training, Maintenance. Institut Teknologi Bandung

Stepanoff, Alexey J. 1957. Centrifugal and Axial Flow Pumps, 2nd ed. New York: John Wiley and Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.