MEMBANGUN/MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN DAN PEMAHAMAN BIDANG PEMASARAN PADA KANTIN LEONI DI JALAN HAYAM WURUK NO. 5 DESA SUMBERGEDE KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Endang Siswati Prihastuti, Achmad Subing

Abstract


Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dan pemasaran dalam rangka untuk membangun/menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi pemula yang sedang menjalankan usaha mandiri atau berwirausaha. Bekerja untuk memperoleh pendapatan (penghasilan) tidak harus menjadi pegawai pemerintah ataupun menjadi  karyawan swasta. Peluang untuk menciptakan pekerjaan atau lapangan usaha sendiri sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukannya baik usaha kecil maupun usaha menengah. Cita-cita dan semangat yang kuat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memulai dan mengembangkan usaha. Menjadi seorang wirausahawan adalah alternatif pilihan yang dapat dilakukan guna memperoleh pendapatan (penghasilan). Dengan berbekal semangat, potensi dan kekuatan dalam diri seseorang yang  berorientasi ke masa depan, maka hal ini  merupakan pendukung untuk menjadi seorang wirausahawan disamping dukungan permodalan (pendanaan). Pemasaran yang sukses adalah keberhasilan dari setiap usaha bisnis barang atau jasa yang dilakukan dengan kualitas pelayanan yang memuaskan dan loyalitas konsumen/pelanggan  yang berkelanjutan

Keywords


sukses berwirausaha dan pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma'ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Alma, Buchari. 2007. Kewirausahaan. Bandung:Alfabeta.

Bustami, Bastian. dkk. 2007. Mari Membangun Usaha Mandiri. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta:CAPS.

Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Teori, Definisi Dan Konsep. Yogyakarta:Andi Offset

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.

Prawirosentono, Suyadi & Primasari, Dewi. 2014. Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta:Bumi Aksara.

Prihastuti, Endang Siswati & Daud, Syahril. 2017. Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen. Bandarlampung:Pusaka Media.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Reklau, Marc. 2017. Cara Cepat Melatih Kebiasaan Positif Sehari-Hari. Jakarta: Gemilang

Suharno, Bambang. 2008. Memulai & Mengelola Bisnis Dari Nol. Jakarta:Penebar Swadaya.

Swastha, Basu & Irawan. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta:Rineka Cipta.

Sangaji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta:Andi Offset

Sopiah & Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta:Andi Offset.

Stoner, James A.F, at.all. 1996. Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Prenhallindo.

Sunyoto, Danang. 2015. Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage). Yogyakarta:CAPS

Siagian, Yolanda M. 2007. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suchaeri, Heri. 2012. Total Customer Percepatan Laba Sepanjang Masa. Solo:Metagraf.

Suryana, 2006. Kewirausahaan-Pedoman Praktis:Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:Salemba Empat.

Sumarna, Saleem Hardja. 2013. Tips Membangkitkan Energi Sukses.Klaten:Galmas Publisher.

Sutojo, Siswanto & Kleinsteuber.F. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta:Damar Mulia Pustaka.

Tambunan, Tulus T.H. 2017. Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Bogor:Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa:Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta:Andi Offset.

---------------------. 2008. Strategi Bisnis. Yogyakarta:Andi Offset.

---------------------. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik.Yogyakarta:Andi Offset.

------------------------------------------------. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta:Andi Offset.

Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M.2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Edisi 5 Buku 1. Jakarta:Salemba Empat.

Sumber lainnya:

Metro TV dalam acara I’m Possible tanggal 15 April 2018 pukul: 20.23 WIB.

http://ciputrauceo.net/blog/2015/5/5/usaha-mandiri-dengan-berwiraswasta

https://www.finansialku.com/strategi-promosi-kepuasan-pelanggan/

http://eisya-psychology.blogspot.co.id/2010/06/9-mengenal-karakter-pelanggan_20.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.