PERAN DAN TUGAS PEREMPUAN DALAM KELUARGA

Azima Dimyati

Abstract


Di dalam keluarga perempuan dapat berperan sebagai ibu, istri dan anak. Semua peran tersebut menuntut adanya tugas sesuai dengan perannya yang mana peran tersebut juga merupakan keistimewaan mereka. Tidak ada kemulian terbesar yang diberikan Allah bagi seorang wanita, melainkan perannya menjadi seorang Ibu. Peran ibu sangat besar dalam mewujudkan kebahagiaan dan keutuhan keluarga. Sebagai ibu tugas perempuan yang utama ialah mendidik generasi-generasi baru.

Target yang akan dicapai adalah diharapkan wanita dapat menjalankan perannya dalam keluarga sebagai seorang istri, dimana seorang istri sebagai pendamping suami dapat sebagai teman, pendorong dan penasehat yang bijaksana. Diharapkan istri dan suami juga sama-sama mempunyai hak dan kewajiban dalam mengasuh anak serta bekerja sama dalam membentuk keluarga yang sakinah. Mereka juga (suami dan istri) sama-sama mencari nafkah demi kelangsungan hidup keluarga mereka. Diharapkan sebagai seorang ibu dapat selalu anak cenderung menjadikan ibu yang merupakan orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya maupun orang yang paling dekat dengan dirinya, sebagai “model” atau teladan bagi sikap maupun perilakunya. Sedangkan luaran yang diharapkan adalah sikap “Acceptance” dan kontrolnya tinggi dalam pengontrolan terhadap anak. Sebagai seorang isrti juga harus dapat menjalan tanggung jawabnya sesuai isri yang baik untuk suami. Bersikap responsive tehadap kebutuhan anak terutama masalah pendidikannya. Sebagai seorang ibu dapat mendengarkan dengan baik apabila anak pendapat atau pertanyaan-pertanyaan. Memberikan penjelasan tentang dampak perbuatan yang baik dan yang buruk.

 

Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang meningkatkan peran keluarga dalam mensukseskan keluarga yang sakinah dan mawadah sehingga terhindar dari kehancuran dam berumah tangga dan mengikuti pendidikan-pendidikan informalyang biasa dilakukan oleh kelompok-kelompok kegiatan wanita yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

 


Keywords


Peran dan Tugas Perempuan, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fatma, “Peran Ganda Perempuan dalam Keluarga Kelas Bawah,” As-Syir’ah, vol. 35 no. 11, 2001.

Ananda Arifa, Faisar, Wanita dalam Konsep Islam Modernis, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2004.

Indarswari, “Fenomena Kawin Muda dan Aborsi; Gambaran Kasus”, dalam Syafiq Hasyim (ed.), Menakar ‘Harga’ Perempuan,cet. ke-II, Bandung: Mizan, 1999.

Sadawi, Nawalel-, Perempuan dalam Budaya Patriaki, alih bahasa Zulhilmiyasri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Ismoyowati, Dyah, dkk. Peranan Perempuan Dalam Ekonomi Keluarga Ter-PHK Untuk Mengatasi Dampak Krisis, Dinamika Pedesaan dan Kawasan, Bandung: Pustaka Setia, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.