PENGARUH MUTASI TERHADAP MOTIVASI PEGAWAI PADA DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI LAMPUNG

Azima Dimyati

Abstract


Keterlibatan manusia dalam berbagai organisasi merupakan salah satu kecenderungan sebagai manusia modern. Artinya manusia yang semakin kompleks kebutuhannya sehingga dalam mencapai keinginannya tidak lepas dari saluran organisasi. Hal ini dapat dipahami karena sadar atau tidak sadar manusia (orang) selalu berurusan dengan organisasi baik semenjak dalam kandungan hingga meninggal dunia. Organisasi yang pada dasarnya merupakan bentuk kerja sama antara individu dan proses penggabungan pekerjaan atau aktivitas kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

 

Permasalahan dalam penelitian ini di antaranya apakah ada pengaruh motivasi pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, apakah ada pengaruh prestasi kerja pegawai pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, apakah ada pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, untuk mengetahui pengaruh prestasi kerja pegawai pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Untuk menguji hipotesis yang diajukan, digunakan teknik analisis Regresi Sederhana untuk mengetahui bentuk pengaruh antara variabel bebas yaitu mutasi pegawai, dan variabel terikat  yaitu motivasi pegawai.

 

Hasil perhitungan yang di dapat bahwa rata-rata jawaban responden pada variabel mutasi pegawai adalah cukup baik yaitu sebesar 66,7 persen atau masuk pada kategori cukup dari seluruh pertanyaan pada variabel mutasi pegawai, dan rata-rata jawaban responden pada variabel motivasi adalah cukup baik yaitu sebesar 67,3 persen atau masuk pada kategori cukup dari seluruh pertanyaan pada variabel pemberian motivasi.

 


Keywords


Mutasi dan Motivasi

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Fathoni, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Rineka Cipta.

Adams, Gerald R and Thomas Gullota, 1983, Adolescent Life Experiences, California : Brooks & Cole.

Alderfer, C. P, 1972, Exsistence Relatedness Ang Growth, New York : Free Press.

Alex S. Nitisemito, 2002, Manajemen Personalia, Edisi Revisi, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Azwar, Saifudin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Blanchard Kenneth, Hersey Paul, 1990, Manajemen Prilaku Organisasi, Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, terjemahan Agus Dharma, Jakarta : Erlangga.

Buchanan, D dan Huczysnki, 1997, Organization Bahaviour ; An Introductory Text, London : Printice- Hall Europe.

Danim, Sudarwan, 2004, Motivasi Kepemimpinan & Efektifitas Kelompok, Jakarta : Rineka Cipta.

Ghozali, Imam, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Cetaakan 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, James L, 1997, Organisasi, Jakarta : Erlangga.

Herzberg F, Mausner B & Snyderman, 1957, The Motivation to Work, New York : John iley & Sons.

Hasibuan, S.P Melayu, 2002, Organisasi dan Motivasi, Jakarta : Bumi Aksara,

Kadarman, 2001, Pengantar Ilmu Manajemen, Jakarta : Prenhallindo.

Kaplan, R,M dan Saccuzzoro D.P, 1993, Pcychological Testing : Principles, Aplication Issu, California : Book/Cole Publishing Company.

Locke, E.A, 1968, Toward a Theori of Task Motivation and Incentives, Organization Behavior and Human Performance.

Mc. Clelland, D.C, 1961, The Achieving Society, New Jersey : Cambridge University Press.

Mujiono, 2002, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Robbins, S.P, 1994, Organization Behavior, Concepts, Conntroversies, Aplications, Seventh Edition, San Diego State Univercity, Prentice-Hall International, Inc.

Sarwoto, 1994, Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta : Ghalia.

Victor H, Vroom, 1964, Work and Motivation. New York : Jhon Wiley & Son, Inc.

Winardi, 2002, Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajeman, Jakarta : Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.