MODEL KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA OBJEK WISATA BAHARI DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG

M. Oktaviannur, Ardansyah - Ardansyah

Abstract


Obyek wisata merupakan suatu produk jasa dengan harapan konsumen dapat datang berkunjung dan dapat menikmati obyek wisata yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa tersebut. Untuk dapat menarik minat pengunjung, maka pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik yang dapat menciptakan suatu kepuasan bagi konsumennya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif model bagaimana kualitas pelayanan terbaik yang harus diterapkan pada objek wisata khususnya di Kabupaten Pesawaran. Pengembangan model kualias pelayanan ini akan mampu membantu meningkatkan perekonomian bagi pemilik, masyarakat maupun pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran.

Populasi penelitian adalah pengunjung obyek wisata bahari di Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, sampel sebanyak 500 responden dan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling.   Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan kualitas pelayanan bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (reponsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) termasuk dalam kategori baik. Hasil pengujian secara simultan. Hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepuasan pengunjung obyek wisata bahari di Kabupaten Pesawaran untuk masing – masing variabel. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (reponsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) parsial maupun simultan.

Pada tahun pertama (2016) penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berdasarkan data-data yang dikumpulkan. Menganalisis data, identifikasi kondisi yang terjadi di objek wisata Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data tersebut akan dikumpulkan melalui survey lapangan dan studi literatur.

Pada tahun kedua (2017) penelitian yang dilakukan bersifat pengujian model melalui berbagai simulasi dengan menggunakan data-data pada waktu berjalan, melakukan monitoring dan evaluating. Pada tahun kedua ditargetkan untuk melakukan publikasi melalui seminar internasional.

Keywords


Model Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung Wisata

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid II. Pearsion Education Asia Pte. Ltd. PT Indeks. Jakarta..

Kotler, Philip dan AB. Susanto, 2007. Manajemen Pemasaran dan strategi strategi Pemasaran di Kawasan Asia. Indeks Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi 11 Jilid 1. Pearsion Education Asia Pte. Ltd. PT Indeks. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Muhidin, Sambas Ali, 2007. Analisis Korelasi Regresi dan Jalur Dalam Penelitian. Pustaka Setia Jakarta

Purnawarman, 2003. Manajemen Strategis dan Kebijaksanaan Perusahaan, Penerbit Erlangga Pustaka Utama. Jakarta

Setiadi, Nugroho J, 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Jakarta

Simamora, Bilson 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia. Jakarta

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta Bandung

Tjiptono, Fandy. 2008, Brand Manajemen and Strategy. Andi Offset Yogyakarta

Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.