Perancangan Alat Uji Pengapian Busi Untuk Sepeda Motor

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa api yang berada di busi, sekaligus dapat mengetahui apakah busi tersebut bagus tidaknya kita gunakan untuk sehari-hari. Pada alat ini penulis membuat  alat yang dapat mengetahui kualitas busi sekaligus dapat dipergunakan untuk pendidikan. Karena alat ini dibuat hampir sama persis dengan system pengapian yang berada di kendaraan pada umumnya, Alat uji pengapian busi ini hampir sama persis dengan yang ada di kendaraan pada umumnya, hanya untuk sumber energy utamanya menggunakan tenaga Listrik dari PLN. Tegangan 220 AC dirubah menjadi 12 v DC dengan menggunakan transformator step down sebagai Accu / aki kendaraan.  Arus tadi yang 12 volt diteruskan ke CDI, setelah CDI mendapat perintah dari pulser untuk memberikan arus ke COIL. Coil terinduksi secara otomatis  sebesar 200-300 Watt. Setelah itu coil melipat gandakannya 50 hingga 80 kali lebih besar sesuai dengan type coil tersebut, lalu disalurkan ke busi, didalam busi karena mendapat masukan arus listrik yang besar dan saat arus tersebut akan bertemu massa sebelumnya ia harus melewati komponen busi yang bernama karbon, pada karbon ini jika ia mendapatkan arus maka ia akan menjadi penghantar yang baik tetapi selain carbon itu penghantar ia juga adalah zat yang dapat terbakar jika terkena panas, pada saat terbakar itulah yang kita lihat seperti kilatan api yang melompat. Karena penggunaan alat ini sangatlah mudah dimengerti maka alat ini pun dapat membantu pengguna kendaraan, para pedagang sparepart kendaraan dan bengkel bengkel servis kendaraan.

Keywords


Busi ; Pengapian Busi ; Alat Uji Pengapian Busi

Full Text:

PDF

References


Arends BPM dan Berenschot.H, (1980), "Motor Gasoline", Erlangga Publisher, Jakarta.

} Arismunandar Wiranto, (2002), "Prime Mover Combustion Engine". ITB, Bandung.

Daryanto, (1985), "Automotive Engineering", Earth Literacy, Jakarta.

Depari, Ganti, (1991) Belajar Teori dan Keterampilan Elektronika, Cetakan Ke-3, CV Armico, Bandung.

Djati Nursuhud, (2006), “Energy Conversion Machine "Andi Publishers, Yogyakarta.

Dwiki Muda Yulanto, (2015), “Pengaruh Variasi Waktu Pengapian Dan Volume Larutan Elektrolit Pada Elektroliser Terhadap Daya Mesin Supra X 125 Tahun 2007, Nosel-Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Vol3 No.4, UNS Surakarta.

Indrawan Nurdianto, Aris Ansori, (2015), “Pengaruh Variasi Tingkat Panas Busi Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak”, JTM. Volume 03 Nomor 03 Tahun 2015, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Kiyokatsu suga, Sularso, (1997) Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke-9, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

L. C. Lichty, (1951), “Internal Combustion Engines “, sixth Edition, Mc Grawhill Company, Inc, Tokyo Kogakusha Company Ltd.

Najamudin, (2014) “Modification Effect of Volume Cylinder Four Stroke Engine to Effective Power, 3rd International Conference on Engineering and Technology Development, Bandar Lampung University, Bandar Lampung, Indonesia.

Najamudin, (2015), “Analisa Prestasi Mesin T]Ntuk Motor Bakar 4 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Premium Tt Dan Pertamax Plus”, Universitas Bandar Lampung, Bandar Lampung.

Nyoman Sutantra, (2001), Teknologi Otomotif. Teori dan Aplikasinya, penyunting : Prasetyo Yudie M, Edisi ke-1, Penerbit Guna Widya, Surabaya.

Prihono, [2009], Jago Elektronika Secara Otodidak, Penyunting : Ade Irawan, Cetakan ke-1, PT Kawan Pustaka, Jakarta.

Robingu Usman, (1997), " Combustion Engine 3", The Ministry of Education and Culture, Jakarta.

RS. Northop, (1995), "Motorcycle Repair Technique", Faithful Reader. Bandung.

Sunyoto, Karnowo, S. M. Bondan Respati, (2008), "Mechanical Engineering Industry Volume 1 and 2," The Ministry of National Education, Jakarta.

Werlin S nainggolan, (1987), ”Thermodynamic”, CV. Armico Publisher, Bandung.

Williard W. Pulkrabek, (2002), Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine, Second edition, Printed by United States of America.

Zevy D. Maran, (2007), "Automotive Repair Tools", CV. Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.