STRATEGI PROGRAM ACARA “INI TALKSHOW” SEBAGAI UPAYA MENAIKAN RATING NET. TV

Noning Verawati

Abstract


Penelitian ini berjudul Strategi Program Acara “Ini Talkshow” Sebagai Upaya Menaikan Rating NET. TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan pada program acara “Ini Talkshow” di NET. TV sebagai upaya menaikan rating dan mampu memberikan pembelajaran, inspirasi dan ide bagi penulis dan pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya dalam penelitian tersebut diidentifikasi strategi – strategi yang digunakan dalam program acara “Ini Talkshow” dalam melakukan persaingan program acara sebagai upaya menaikan rating.

Penelitian ini juga menggunakan beberapa kajian teori sebagai pendukung dan memperkuat hal – hal yang telah diteliti serta tujuan dari penelitian ini. Seperti teori komunikasi massa, teori usses and gratification, dan teori rating guna mencapai keberhasilan suatu program acara. Teori usses and gratification yang dipakai dalam penelitian ini adalah milik Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974, dimana pengguna media (audien) berperan aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Pada teori ini jelas bahwa pengguna media dianggap pintar dan punya peran aktif untuk mencari sumber media yang paling baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya.

Setelah dilakukan analisis dikemukakan bahwa televisi NET. yang terbilang masih baru, dituntut mampu bersaing dengan stasiun televisi lainnya dengan menggunakan strategi-strategi program acara (perencanaan, produksi, dan penayangan) dan pemasaran (segmentasi, target dan posisi) untuk memproduksi suatu program acara. Terpenting juga yaitu kesuksesan dapat diraih karena adanya kerjasama tim dan kekuatan tim yang solid untuk memproduksi acara “Ini Talkshow”.


Keywords


Strategi, Program Acara“Ini Talkshow”, Rating

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.